HUBUNGAN CITRA MEREK DAN KUALITAS PELANGGAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK APPLE

  • Nurina Prisilia Chrisandi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Banyaknya persaingan dari berbagai perusahaan khususnya terkait dalam hal alat komunikasi seperti, handphone, smartphone, tablet, mp3 dan laptop. Berbagai perusahaan berusaha untuk menjadi market leader dalam bidang komunikasi. Berdasarkan data, Apple merupakan market leader karena selalu menduduki di peringkat pertama dalam jenis alat komunikasi apapun. Para konsumen membeli suatu produk Apple tak lepas dari kualitas produk dan citra merek produk.  Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (I) mengetahui ada tidaknya hubungan citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk Apple (2) mengetahui ada tidaknya hubungan citra merek dan loyalitas pelanggan produk Apple (3) mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 125 subjek dengan menggunakan teknik Incidental Samping.  Hipotesis penelitian diuji dengan pearson jika sebaran data normal dan linier dan menggunakan spearman jika sebaran data tidak normal dan tidak linier. Kemudian untuk analisis ketiga variabel menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan produk Apple r = 0. 768 (p < 0.05) dan ada hubungan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk Apple r = 0.809 (p < 0.05) serta ada hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk Apple r = 0.829 (p < 0.05).  Kesimpulannya jika citra merek sedang cenderung tinggi maka loyalitas pelanggan tinggi, jika kualitas produk sedang cenderung tinggi maka loyalitas pelanggan tinggi. Maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara citra merek, kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Saran bagi penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabel kepuasan pelanggan agar lebih dalam menganalisis. Selain itu juga tidak hanya memilih mahasiswa sebagai subjek penelitian loyalitas pelanggan produk Apple karena target market Apple tidak hanya mahasiswa saja melainkan semua orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani,S. (2010). Hubungan Kualitas Layanan dengan Loyalitas Palanggan Bengkel X. Skripsi, diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Anggraini,A. (2013). Pengaruh Kualitas, Citra dan Merek Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel InterveningPada Pengguna Layanan Kartu Prabayar IM3 (Studi Pada Mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(1),1-7.

Brunner,T.A.Stocklin,M.Opwis,K. (2008). Satisfaction, image and loyalty: new versus experienced customers. European Journal of marketing,42 (9-10), pp 1095-1105

Fajrianthi. Farrah,Z. (2005). Strategi perluasan merek dan loyalitas konsumen. Jurnal Insan, 7(3), 276-288.

Fakhrudi,D. (2005). Hubungan antara Sikap terhadap Iklan Televisi dengan Brand Image Mie X. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Goetsch, D.L & Davis, S. (1994). Introduction to Total Quality, Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood cliffs : Prentice Hall International Inc

Griffin, Jill. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta : Erlangga

Hurriyati,R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung : Alfabeta

Ike-Elechi.Ogba.,Zhenzhen.T. (2009). Exploring the impact of brand image on customer loyalty and commitment in China.

Jahanshahi,A.A.Hajizadeh,A.M. Seyed. A.M, et al. (2011). Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humamities and Social Science, 1(7),253-260.

Keller, K.L. (2008). Strategic brand management : Building, measuring, and managing brand equity 3rd edition. Upper saddle River : Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip.(2002). Manajemen pemasaran, edisi millenium. jilid 1. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip.Keller,K.L.(2007). Manajemen pemasaran edisi 12.Jakarta : Indeks-Prentice Hall. Jakarta

Lutfiana,A.A. Saryad. Wijayanto,A. (2013). Pengaruh citra merek dan kualitas produk dengan kepuasan konsumen sebagai variabel antara terhadap loyalitas konsumen air minum merek Aqua(Studi Pada Konsumen Aqua yang Berdomisili di Perumahan Puri Anjasmoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,1(1).1-12.
Published
2014-03-01
How to Cite
CHRISANDI, Nurina Prisilia. HUBUNGAN CITRA MEREK DAN KUALITAS PELANGGAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK APPLE. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 11, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1515>. Date accessed: 21 may 2019.