EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL BERDASARKAN COSO FRAMEWORK SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF TERHADAP FRAUD DAN ERROR PADA SIKLUS PEMBELIAN PT. X

  • Adinda Darasusanti Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 195 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 0 times
Keywords: Pengendalian Internal, COSO framework, silus pembelian, fraud, error

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal siklus pembelian sebuah badan usaha yang bergerak di bidang peternakan. Evaluasi yang dilakukan berdasarkan Comitte of Sponsoring Organization of The Treadway Commision (COSO) framework yang terdiri dari 5 komponen, yaitu Control Environment, Risk Assessment, Control Activities, Information and Communication, dan Monitoring. Setelah dilakukan evaluasi maka akan ditemukan kelemahan-kelemahan pengendalian internal yang dapat berpotensi terjadinya Fraud dan error. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa komponen pengendalian internal pada siklus pembelian PT. “X” masih cenderung lemah. Dari analisis menggunakan Comitte of Sponsoring Organization of The Treadway Commision (COSO) framework ditemukan berbagai potensi fraud dan error yang dapat terjadi pada perusahaan ini seperti memanipulasi harga SAPRONAK, pencurian SAPRONAK, serta kesalahan dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Ir. Zainal. 2003. Meningkatkan Produktivitas Ayam Ras Pedaging. Agro Media Pustaka, Jakarta.


Albrecht, W. Steve , Albrecht, Conan C., Albrecht Chad O., dan Zimbelman M. F. 2012. Fraud Examination. South Western College - Cengage Learning.


Arens, A.A., Elder, R.J., Beasley, M.S. 2012. Auditing and Assurance Service An Integrated Approach, 14th Global Edition.


Arens, A. Loebbecke, J.K. (2003). Auditing Pendekatan Terpadu buku satu. Edisi Indonesia. Terjemahan Jusuf, Amir A. Salemba Empat, Jakarta.


Bodnar, George H., & Hopwood, William S. 2010. Accounting Information Systems. 10th edition. Boston: Pearson Education.


Boynton, William C. dan Raymond N. Johnson. 2006. Modern Auditing: Assurance Services, and the Integrity of Financial Reporting . Eighth Edition, Von Hoffmann Corporation: United States of America.


Gelinas,Jr., Ulric J., Dull, Richard B. (2010). Accounting Information Systems, 8th edition. South Western Cengage Learning.


Hall, James A. (2008). Accounting Information Systems, 6th edition. Ohio, Canada, Thomson South-Western.
Published
2016-03-01