PEMILIHAN SUPPLIER PRODUK CALISTA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. BUANA TIRTA UTAMA - GRESIK

  • Maria Felicia Limansantoso Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Di jaman yang semakin berkembang ini, semakin banyak perusahaan dan bisnis baru yang bermunculan. Hal ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat antara pelaku - pelaku bisnis yang ada baik dalam barang maupun jasa. Setiap perusahaan pasti memiliki suatu orientasi bisnis yaitu selalu berusaha untuk menghasilkan profit yang maksimal dengan cara meminimalkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Hal tersebut dapat diwujudkan oleh perusahaan dengan pemilihan supplier yang tepat. Supplier yang tidak tepat dapat menyebabkan permasalahan yang dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bagi perusahaan. PT. Buana Tirta Utama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri minuman dalam kemasan. Selama ini perusahaan masih memilih supplier dengan cara yang biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aplikasi AHP sebagai dasar pemilihan supplier di PT. Buana Tirta Utama. Penelitian ini merupakan bagaimana pemilihan supplier bahan baku Calista pada saat ini yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut, apa kelemahan dan kelebihan dari pemilihan supplier yang diterapkan oleh perusahaan tersebut, masalah apa yang terjadi dalam proses produksi yang berhubungan dengan pemilihan supplier bahan baku Calista, kriteria apa saja yang digunakan dalam pemilihan supplier.

References

Crouch, Geoff and Feasey, Ken, Appraising and Shortlisting Suppliers, module 5, International Trade Center, 2000.

Saaty, Thomas L., Multi Criteria Decision Making : “ The Analytic Hierarchy Process”, Eta Services Ltd., Beecles, Suffolk, 1988.

Supriyanto, Agus dan Masruchah, Ida, Manajemen Purhasing, edisi pertama, PT Elex Media Komputindo kelompok Gramedia, Jakarta, 2000.

http://digilib.its.ac.id//, Fungsi Supplier Sebagai Pemasok Bahan Baku, Diakses tanggal 20 September 2012

http://id.shvoong.com//, Faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan kriteria supplier selection. Diakses tanggal 20 September 2012

http://informasiagroindustri.blogspot.com//, Prospek dan tren industri minuman. Diakses tanggal 20 September 2012

http://thesis.binus.ac.id//, Manajemen Rantai Pasok, Diakses pada tanggal 1 Oktober 2012

http://id.shvoong.com//, Metode AHP, Diakses pada tanggal 3 Oktober 2012
Published
2013-03-01
How to Cite
LIMANSANTOSO, Maria Felicia. PEMILIHAN SUPPLIER PRODUK CALISTA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. BUANA TIRTA UTAMA - GRESIK. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 20, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/338>. Date accessed: 23 sep. 2017.