FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN DI SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2007-2011

  • Febian Rahmandia Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 2739 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1788 times
Keywords: Harga Saham, Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Arus Kas Bebas, Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham perusahaan di pasar modal Indonesia khususnya pada sektor Industri Barang Konsumsi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kebijakan Dividen, Pertumbuhan perusahaan, Profitabilitas, Arus Kas Bebas, Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Harga Saham. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan periode 2007-2011. Jumlah observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 137 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Harga Saham. Variabel Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan variabel Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap Harga Saham.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I., 2009, Pengaruh Pembagian Dividen Kas dan Arus Kas Bersih Terhadap Harga Saham di Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2007,
Thesis, Universitas Sumatera Utara.

Al-Malkawi, H.A.N,. Rafferty, M., dan Pillai, R., 2010, Dividend Policy: A Review of Theories and Empirical Evidence, International Bulletin of Business Administration, EuroJournals, p.171-200.

Ali, M.B., dan Chowdhury, T.A., 2010, Effect of Dividend on Stock Price in Emerging Stock Market : A Study on the Listed Private Commercial Bank in DSE, International Journal of Economics and Finance, Vol. 2: 52-64.

Analisa, Y., 2011, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi, Universitas Diponegoro.

Deitiana, T., 2011, Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Perusahaan dan Dividen Terhadap Harga Saham, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol.13: 57-66.

Gitman, L.J., 2009, Principles of Managerial Finance, 12th Edition, Pearson International Edition.

Gujarati, D.N., 2004, Basic Econometrics, 4th Edition, McGraw Hill International.

Hasan, I.R., 2011, Analisis Pengaruh Praktek Manajemen Laba dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan yang Melakukan Penawaran Saham Perdana yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Jones, 2007, Investment Analysis and Management, 10th edition, John Wiley & Sons (Asia) Ltd.

Khan, K.I., Aamir, M., Qayyum, A., Nasir, A., dan Khan, M.I., 2011, Can Dividend Decisions Affect the Stock Prices: A Case of Dividend Paying Companies of KSE, International Research Journal of Finance and Economics, p.67-74.

Martani, D., Mulyono, dan Khairurizka, R., 2009, The Effect Of Financial Ratios, Firm Size and Cash Flow From Operating Activities In The Interim Report To The Stock Return, Chinese Business Review, Vol.8: 44-55.

Megginson, W.L., 1996, Corporate Finance Theory, Addison Wesley Education Publishers Inc.

Murhadi, W.R., 2008, Studi Kebijakan Deviden: Antaseden dan Dampaknya Terhadap Harga Saham, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 10: 1-17.

Robinson, T.R., Munter, P., dan Grant, J., 2004, Financial Statement Analysis: A Global Perspective, Pearson International Edition.

Ross, S.A., Westerfield, R.W., Jordan, B.D., 2010, Fundamentals of Corporate Finance: Alternate Edition, 9th edition, McGraw-Hill International Edition.

Simatupang, S.T., 2010, Pengaruh Rasio Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Industri Barang Konsumen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Sofyaningsih, S., dan Hardiningsih, P., 2011, Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan, Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol.3: 68-87.

Sonyso, R.T., 2010, Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Badan Usaha, Kebijakan Utang dan Kebijakan Dividen Terhadap Return Saham pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di PT Bursa Efek
Indonesia (BEI) Periode 2004-2009, Skripsi, Universitas Surabaya.

Susanti, E., 2001, Pengaruh Dividen Terhadap Harga Pasar Saham pada Industry Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di PT Bursa Efek Surabaya Periode 1997-2000, Skripsi, Universitas Surabaya.

Wijaya, I., 2011, Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Propensity Income Smoothing pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Tesis, Universitas Sumatera Utara.

Wang, G.Y., 2010, The Impact of Free Cash Flows and Agency Costs on Firm Performance, Journal Service Science & Management, Vol. 3: 408-418.
Published
2013-03-01