JIKA “TIDAK” KATAKAN, JIKA “YA” LAKUKAN! HUBUNGAN ASERTIVITAS DAN PROKRASTINASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UBAYA

  • Yogi Adi Prakoso Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Prokrastinasi merupakan penundaan yang dilakukan secara sengaja, dan berulang, dengan alasan yang tidak rasional. Hal ini karena penundaan dilakukan walaupun mengetahui adanya dampak negatif atas akibat penunda-nundaannya. Studi tentang prokrastinasi mendapati 90% mahasiswa telah menjadi seorang prokrastinator (Klassen, Krawchuk, & Rajani, 2008). Beberapa hal yang mempengaruhi prokrastinasi, salah satunya adalah asertivitas. Tujuan penelitian adalah untuk mengorelasikan asertivitas dan prokrastinasi pada mahasiswa yang sedang mengambil matakuliah Pemyusunan Alat Ukur (PAU) (N= 131), mengingat seringnya prokrastinasi yang terjadi di lingkup akademik (Liu,2010). Peneliti juga mengaji dua variabel dengan alat ukur bantu Temporal Motivation Theory oleh Steel (2007). Data kemudian dianalisis menggunakan program SPSS 13.0 for Windows. Skala asertivitas menggunakan Rathus Asertiveness Schedule (Rathus,1973) , dan Pure Procrastination Scale (Steel,2007). Studi ini mendapatkan hasil korelasi sebesar -0.372, (p=0.000).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasi, A., & Urbina, S. (2007). Tes psikologi (R. H. S. Imam, Pengalih bhs.). Jakarta: PT Indeks.

Azwar, S. (1999). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Burka, B. J., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Cambridge: DeCapo Press.

Cassel, R. N., & Blackwell, J. (2002). Positive assertiveness begins with character educationand includes the abuse of cigarettes, alcohol, and drugs. Journal of Instructional Psychology, 29(2), 77-79.

Chu, A., & Choi, J. (2005).Rethinking procrastination: Possitive effects of “active” procrastination behavior on attitudes and performance. Journal of Social Psychology, 145(3), 245-264

Devito, J. A. (1989). The interpersonal communication book. New York: Harper & Row Publishers.

Hughes, R. (1999). Leadership. enhancing the lessons of experience 3rd ed. Singapura: McGraw-Hill Publishing Company.

Husetya, Y. (2010). Hubungan asertivitas dengan prokrastinasi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Diponegoro Semarang. Skripsi, tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Semarang.

Klassen, R.M, Krawchuk, L. L, & Rajani, S. (2008). Academic procrastination of undergraduates: Low self-efficacy to self-regulate predicts higher levels of procrastination. Contemporary Educational Psychology 33 915–931.

Liu, K. (2010). The relationship between academic procrastionation and academic achievement in chinese university students. (Thesis) Universitas Buffalo, New York.

Lloyd, S, R. (1988). Developing assertiveness. California: Crisp. Diunduh dari: http://www.aipc.net.au/articles/?p=110

Nunnally, J. C. (1981). Psychometric theory. New Delhi: Tata McGraw-Hill.

Rathus, S. A. (1973). An experimental investigation of assertive trAIning in a group setting. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, 3, 81-86.

Rathus, S. A. (1973). A 30-item schedule for assessing assertive behavior. Journal of Behavior Therapy, 4, 398-406.

Sia, T. D. (2010). Pengembangan alat ukur penunda-nundaann pengerjaan skripsi. (Disertasi), Program Doktor Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Steel, P. D. G. (2002). The measurement and nature of procrastination (Unpublished dissertation). The University of Minnesota

Steel, P.,& König, C. J. (2006). Integrating theories of motivation. Academiy of Management Review. Vol.33(4), 889-913.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoritical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94

Steel, P. (2010). Arousal, avoidant and decisional procrastinators: Do they exist. Elsevier: Personality and Individual Differences 48(2010), 926-934

Steel, P. (2011). The procrastination equation: How to stop putting things off and start getting stuff done. New York: Harper
Published
2013-03-01
How to Cite
PRAKOSO, Yogi Adi. JIKA “TIDAK” KATAKAN, JIKA “YA” LAKUKAN! HUBUNGAN ASERTIVITAS DAN PROKRASTINASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UBAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/439>. Date accessed: 25 june 2019.