PENGARUH PENGUNGKAPAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS ESPONSE COEFFICIENT PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2010-2012

  • Fabita Triastuti Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Penelitian ini menggunakan indikator Global Reporting Initiatives (GRI) dalam mengukur pengungkapan CSR perusahaan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan high profile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan informasi CSR mempengaruhi ERC secara postif, tetapi tidak signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa pengungkapan CSR tidak mampu membantu investor dalam menginterpretasikan laba dengan lebih baik, sehingga investor tidak akan mempertimbangkan pengungkapan CSR dalam pengambilan keputusan investasi. Investor akan tetap melihat laba sebagai indikator earning power dan return di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhariani, Desy. 2005. “Tingkat Keluasan Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan dan Hubungannya dengan Earning Response Coefficient (ERC)”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol.2, No.1, Juli, p.24 – 57

Balsam, S., Krishnan, J. & Yang, J.S. 2003. “Auditor Industry Specialization and Earnings Quality”. Auditing: A Journal of Practice & Theory, 22. 2, 71-97.

BanghØj, Jesper, Thomas Plenborg. 2008. “Value Relevance of Voluntary Disclosure in the Annual Report”. Accounting and Finance, 48 (2008) 159–180.

Diana, Shinta Rahma dan Kusuma, Indra Wijaya. 2004. Pengaruh Faktor Kontekstual Terhadap Kegunaan Earnings dan Arus Kas Operasi dalam Menjelaskan Return Saham. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.7, No.1 (Januari), 74-93.

Douthett Jr., Edward B., Duchac, Jonathan E., Haw, In-Mu., Lim, Steve C. 2003. Differential Levels of Disclosure and The Earnings-Return Association: Evidence From Foreign Registrants in the United States. The International Journal of Accounting 38 (2003) 145-162.

Fraser, Lyn M., dan Aileen Ormiston. 2013. Understanding Financial Statement, 10th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Gelb, D., and P. Zarowin. 2002. “Corporate Disclosure Policy and The Informativeness of Stock Prices”. Review of Accounting Studies,7, 33-52, 2002.

Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Global Reporting Initiative (GRI). 2006. Pedoman Laporan Keberlanjutan. https://www.globalreporting.org/resourcelibrary/Bahasa-Indonesia- G3-Reporting-Guidelines.pdf (diakses pada 19 Mei 2013)

Hackston, David and Markus J. Milne, 1996. “Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies”. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 9 No. 1, p. 77- 100.

Hidayati, Naila Nuur dan Murni, Sri. 2009. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan High Profile. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol.11, April 2009, 1-18

Husnan, Suad. 2003. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, edisi ketiga. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, edisi keenam. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Mayangsari, Sekar. 2004. Bukti Empiris Pengaruh Spesialis asi Industri Auditor terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.7, No.2 (Mei), 154-178.

Linda, dan Fazli Syam BZ. 2005. Hubungan Laba Akuntansi, Nilai Buku, dan Total Arus kas dengan Market Value: Studi Akuntansi Relevansi Nilai. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.8, No.3, September 2005. Hlm 286-306.

Luo, Shuqing., Courtenay, Stephen M., and Hossain, Mahmud. 2006. The Effect of Voluntary Disclosure, Ownership Structure and Propietory Cost on the Return-Future Earnings Relation. Pacific-Basin Finance Journal 14 (2006) 501-521.

Palupi, Jati Margaretta, 2006. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Koefisien Respon Laba: Bukti Empiris pada Bursa Efek Jakarta”. Jurnal EKUBANK. Vol. 3 Edisi November, Hal. 9-24.

Pinasti, Margani. 2004. Faktor-faktor yang Menjelaskan Variasi Relevansi-Nilai Informasi Akuntansi: Pengujian Hipotesis Informasi Alternatif. Simposium Nasional Akuntansi VII. Hlm. 738-753.

Pratisto, Arif. 2004. Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistik dan Rancangan Percobaan dengan SPSS 12. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.

Sayekti, Yosefa, dan Ludovicius Sensi Wondabio. 2007. Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient (Suatu Studi empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta), Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar 26-28 Juli 2007

Scott, W. R. 2006. Financial Accounting Theory. 4th ed. Canada: Prentice Hall Inc. Ontario.

Warta Ekonomi. 2006. “Konsep Bisnis Paling Bersinar 2006: Level Adopsinya Kian Tinggi”. Warta Ekonomi, Desember 2006, h.36-37.
Published
2014-03-01
How to Cite
TRIASTUTI, Fabita. PENGARUH PENGUNGKAPAN INFORMASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS ESPONSE COEFFICIENT PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2010-2012. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 15, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/883>. Date accessed: 17 july 2019.