Pola Pengambilan Keputusan Pelapak dan Penawar Lelang Action Figure: Studi Kasus Lapak Lelang Indonesia

  • Aris Surya Putra Universitas Surabaya
  • Bonnie Soeherman Universitas Surabaya
Abstract Views: 286 times
PDF Downloads: 345 times
Keywords: pengambilan keputusan, lelang, action figure, akuntansi keperilakuan

Abstract

Studi ini berusaha meneliti secara mendalam perilaku pelapak dan penawar lelang Action Figure (AF) kemudian mencoba menemukan pola pengambilan keputusan transaksi kedua stakeholder tersbut. Metode perolehan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif, serta studi dokumentasi secara rinci kepada beberapa pelapak dan penawar lelang. Penelitian ini mengungkap data empiris dari perspektif pelapak lelang dan penawar lelang sehingga mendapatkan gambaran yang holistik tentang lika-liku lelang AF. Dari telaah yang dilakukan pada pelapak, ditemukan dua model pelapak lelang AF, yaitu model oportunis dan model fair. Dari telaah yang dilakukan pada penawar, ditemukan 5 pola perilaku dan pengambilan keputusan penawar lelang, yaitu Iseng, Konservatif, Agresor, Sniper, Biner. Masing-masing tipe tersebut memiliki keunikan yang sangat menarik untuk disimak serta mewarnai konsep dunia bisnis yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-15
How to Cite
Putra, A. S., & Soeherman, B. (2018). Pola Pengambilan Keputusan Pelapak dan Penawar Lelang Action Figure: Studi Kasus Lapak Lelang Indonesia. Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 12(1). https://doi.org/10.24123/jati.v12i1.273