ANALISIS KELAYAKAN BISNIS CREATIVE SLIPPER DARI WOVEN PANDANUS

  • Irene Widiartha Jurusan Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 118 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 317 times
Keywords: Analisis, Kelayakan Bisnis, Kerajinan, Creative Slipper, Woven Pandanus

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan yang diperlukan dalam mendirikan bisnis kerajinan dan kelayakan bisnis dari UD. Reemagination. Perusahaan ini bergerak di bidang kerajinan, khususnya Creative Slipper dari Woven Pandanus. Strategi yang dipilih adalah Product Development, sehingga pemilik harus mengembangkan inovasi dan kreatifitas supaya produknya dapat bervariasi, baik dari segi bahan, anyaman, dan warna. Pada perencanaan pemasaran diketahui harga produk mampu bersaing dengan pasar yang ada. Perusahaan memiliki lokasi yang sangat strategis dan memiliki karyawan tetap untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan dan karyawan tidak tetap (pengrajin) untuk menjalankan kegiatan produksi. Dalam menjalankan bisnis ini, dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 105.000.000,00 (Seratus Lima Juta Rupiah). Dana tersebut digunakan untuk proses pendirian dan operasional UD. Reemagination. WACC yang diperoleh adalah sebesar 9,40%, sehingga menghasilkan NPV sebesar Rp1.317.248.194,00 dan IRR sebesar 135%, serta DPP selama 1 tahun 5 bulan 1 hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan dan mempunyai masa depan yang baik.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Best, J. Roger. 2009. Market Based Management Strategies for Growing Customer Value and Profitability, 5th ed. Prentice Hall: New Jersey.

David, Fred R. 2013. Strategic Management Concepts and Cases, 14th ed. Pearson Education Inc: New Jersey.

Dirgantoro, Crown. 2004. Manajemen Stratejik: Konsep, Kasus, dan Implementasi. Gramedia Widiasarana: Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14th ed. Pearson Education Inc: Singapore.

Porter, Michael E. 2008. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Edisi Revisi. Karisma Publishing Group: Tangerang.

Supratikno, Hendrawan, dan Anton Wachidin Widjaja. 2003. Advanced Strategic Management: Back to Basic Approach. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Wibisono, Dermawan. 2006. Manajemen Kinerja. Erlangga: Jakarta

Badan Pusat Statistik Bali. 2013. Banyaknya Hotel Berbintang di Bali Menurut Lokasi dan Kelas Hotel Tahun 2012. http://bali.bps.go.id (diunduh tanggal 21 Desember 2013)
Published
2015-03-01