PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA 2000-2010

  • Kiki Suciningtias Jurusan Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 87 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 136 times
Keywords: Earnings Management, IPO, ROA, Cummulative Abnormal Return

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai adanya praktik earning management pada periode sebelum dan saat IPO dan ingin mengetahui terjadinya penurunan kinerja keuangan dan kinerja saham pada periode setelah IPO sebagai akibat adanya praktik earnings management sebelum IPO. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi earnings management pada saat periode saat IPO. Penelitian ini juga menemukan bahwa terjadinya penurunan kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan Return on Assets pada periode dua tahun setelah IPO. Penelitian ini tidak menemukan bukti empiris mengenai penurunan kinerja saham yang diukur dengan menggunakan Cummulative Abnormal Return ada periode setelah IPO. Peneliti menyimpulkan bahwa IPO dapat menjadi sebuah signaling bagi para investor dan lembaga lain yang berkepentingan bahwa perusahaan cenderung melakukan tindakan earnings management yang bersifat opportunistik atau bad side earnings management untuk menarik minat investor.Terjadinya penurunan kinerja keuangan pasca IPO adalah akibat dari adanya earnings management yang dilakukan dengan cara menggeser laba. Kinerja saham yang tidak mengalami penurunan pada periode pasca IPO menunjukkan bahwa kinerja keuangan bukan sebagai satu-satunya acuan bagi para investor untuk melakukan investasi sehingga terjadinya penurunan kinerja keuangan tidak berdampak pada penurunan kinerja saham.Peningkatan dan penurunan kinerja saham dapat disebabkan oleh banyak factor selain earnings management.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DuCharme, Larry L., Paul H. Malatesta, and Stephan E. Sefcik. 2001. Earnings Management, Stock Issues, And Shareholder Lawsuits. Journal of Financial Economics 71, 28–41.

Freidlan J. M. 1994.Accounting Choice of Issuers of Initial Public Offerings.Contempo-rary Accounting Research11 (1): 1-31.

Gumanti, Tatang Ary. 2001.Earnings Managementdalam Penawaran Saham Perdana di Bursa Efek Jakarta.Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol. 4, No. 2: 165-183

Jain, Bharat A., dan Kini. 1994.ThePost-Issue Operating Performance of Initial Public Operating Firms.Journal of Finance XLIX (5): 1699-1726.

Jogiyanto, H. M. 2009.Teori Portofolio dan Analisis Investasi.Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE

Jones, Jennifer J. 1991.Earnings Management During Import Relief Investigations.Journal of Accounting Research, Vol. 29, No. 2: 193-228.

Kooli, Maher and Jean-Marc Suret. 2004.The Aftermarket Performance Of Initial Public Offerings In Canada.Journal of Multinational Financial Management 14, 47–66.

Kim, Kenneth A., Pattanaporn Kitsabunnarat, and John R. Nofsinger. 2004. Ownership and Operating Performance in an Emerging Market: Evidence From Thai IPO Firms.Journal of Corporate Finance, Vol.10,

Kutsuna, Kenji., Hideo Okamura, and Marc Cowling. 2002.Ownership Structure Pre-and Post-IPOs and The Operating Performance of JASDAQ Companies.Pacific-Basin Finance Journal 10, 163–181.

Mikkelson, Wayne H., M. Megan Partch, and Kshitij Shah. 1997. Ownership and Operating Performance of Companies that Go Public.Financial Economics 44, 281–307

Nasirwan. 2002.Reputasi Penjamin Emisi,ReturnAwal,Return15 Hari sesudah IPO, dan Kinerja Perusahaan Satu Tahun Sesudah IPO di BEJ.Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 05, No. 1, pp 64-84.
Published
2015-03-01