ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIBOOK-TAX DIFFERENCESDAN PENGARUHNYA TERHADAP PERSISTENSI LABA

  • Fani Chrisyanti Jurusan Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 486 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 485 times
Keywords: Anorexia Nervosa, 2009, Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS Cetakan V, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi book-tax differences dan membuktikan pengaruh book-tax differences tersebut terhadap persistensi laba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aset tetap, aset tidak berwujud, pertumbuhan pendapatan,  kompensasi kerugian, persediaan, garansi, dan ukuran perusahaan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya book tax differences (BTD). Perusahaan dengan large book tax differences (LBTD) terbukti signifikan dapat menurunkan persistensi laba sedangkan untuk small book tax differences(SBTD) tidak terbukti secara signifikan memiliki laba yang lebih persisten daripada perusahaan dengan large book tax differences. Penelitian ini diharapkan dapat mengingatkan manajemen untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan keleluasaan manajemen dalam kebijakan akuntansinya serta usahanya untuk memanfaatkan celah dari peraturan pajak dan bagi pihak eksternal diharapkan penelitian ini dapat memberikan referensi untuk lebih berhati-hati dalam keputusan investasi dengan perusahaan yang memilikilarge book tax differences(LBTD).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anorexia Nervosa, , Definisi, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi Harga

Djamaluddin., Wijayanti, H.T., dan Rachmawati., 2008, Analisis Perbedaan Antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba, Akrual, dan Aliran Kas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Akrual, dan Aliran Kas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1, hal 2009

Bandi, 2009, Kualitas Laba Dalam Perspektif Akrual-Arus Kas dan Pensinyal Deviden, Universitas Diponegoro Semarang.

Djamaluddin., Wijayanti,H.T., dan Rachmawati., 2008, Analisis Perbedaan Antara Laba Akuntansi dan Laba Fiskal Terhadap Persistensi Laba, Akrual, dan Aliran Kas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1, hal 52-74.

FASB.2010.Statement of Financial AccountingConceptsNo.8, diakses 1 April 2014. http://www.fasb.org/pdf/fas1.pdf
Published
2015-03-01