BUSINESS PLAN : CLASSIC TEA GARDEN

  • Febrina Octavia Assanto Jurusan Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 795 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 10831 times
Keywords: Perencanaan bisnis, kafe, teh, waralaba, studi kelayakan

Abstract

Business plan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis dari badan usaha kafe, yaitu Classic Tea Garden. Classic Tea Garden terinspirasi dari lifestyle masyarakat Surabaya saat ini. Salah satu lifestyle tersebut adalah “suka nongkrong”. Selain itu masyarakat Surabaya juga menggunakan kafe sebagai sarana untuk bersosialisasi dan eksistensi diri. Fenomena ini membuat kafe menjadi semakin booming dan dicari di Surabaya. Classic Tea Garden memiliki konsep desain yang mengkombinasikan vintage, modern dan zen. Kafe ini mengutamakan kenyamanan untuk digunakan sebagai tempat ”nongkrong”. Di samping itu, customer dari bisnis ini akan mendapat pelayanan table serving. Classic Tea Garden menjual produk berupa minuman dengan spesialisasi teh dan makanan berupa cake dan kue basah. Dalam menjalankan bisnis kafe ini, dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 400.000.000,- (Empat Ratus Juta Rupiah). Berdasarkan hasil studi kelayakan, business plan ini layak diterima dengan NPV sebesar Rp. 338,271,241,- dan IRR sebesar 41.69%, serta DPP selama 2 Tahun 7 Bulan 24 Hari. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, Fred R. 2013. Strategic Management: Concepts and Cases. England: Pearson Education Limited.

Hasibuan, H. Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi Kedua. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Lamb, H., & Daniel, M. 2002. Manajemen Produksi. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiyatmo. 2011. Ekonomi. Yudhistira.

Swastha, B., & Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Tjiptono, F. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 14 Tahun 2009. Penetapan Nilai Jual Objek Pajak Reklame, Nilai Strategis, Penyelenggaraan Reklame dan Perhitungan Pajak Reklame.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 8 Tahun 2006. Penyelenggaraan Reklame dan Pajak Reklame.

Arie. 2010. UMK Surabaya 2011 Rp. 1.150.000 Final. http://www.mercuryfm.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=131:umk-surabaya-2011-rp-115000-final&catid=47:ekonomi-dan-pendidikan&Itemid=76 ( Diunduh pada tanggal 05 Juli 2014)

Anzarullah, Arief. 2013. Resume Kompensasi SDM. http://www.slideshare.net/ariefanzarullah1/resume-kompensasi (Diunduh pada tanggal 17 Desember 2013)

Alami Ilmiah. 2014. Daftar Buah yang Bisa Turukan Berat Badan. http://alamiilmiah.com/cara-cepat-diet-dengan-konsumsi-buah/ (Diunduh pada tanggal 10 April 2014)

Badan Pusat Statistik. 2012. Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia. http://www.bps.go.id/booklet/Booklet_Mei_2012.pdf (Diunduh pada tanggal 20 Desember 2013)

Badan Pusat Statistik. 2011. Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia. http://www.bps.go.id/booklet/Boklet%20November_2011.pdf (Diunduh pada tanggal 21 Desember 2013)

Badan Pusat Statistik. 2013. Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia. http://www.bps.go.id/download_file/IP_Mei_2013.pdf (Diunduh pada tanggal 21 Desember 2013)

Badan Pusat Statistik. 2014. Persentase Pengeluaran Rata-rata per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Barang, Indonesia, 1999, 2002-2013. http://bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=05¬ab=7 (Diunduh pada tanggal 21 Desember 2013)
Published
2015-03-01