PERBANDINGAN CRITICAL SUCCESS FACTOR TERKAIT DENGAN KUALITAS LAYANAN PADA FULL SERVICE HOTEL DAN BUDGET HOTEL

  • Sherly Fransisca Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 125 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 717 times
Keywords: quality of conformance, critical success factor, gap, hotel

Abstract

Peningkatan jumlah persaingan yang terus meningkat tiap tahunnya menyebabkan semua badan usaha harus dapat meningkatkan kualitas operasional yang di miliki perusahaannya. Peningkatan kualitas operasional akan lebih efektif jika manajemen dapat menganalisis critical success factor yang dimiliki oleh badan usahanya. Critical success factor yang dimiliki oleh setiap badan usaha tidak dapat sama dengan badan usaha lainnya manajemen perlu melihat faktor – faktor apa saja yang menjadi penunjang pencapaian tujuan dari badan usahanya. Dengan melakukan analisis tersebut maka perusahaan dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh badan usaha nya dan dapat dilakukan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas operasional dari badan usaha yang dikelola. Peningkatan kualitas operasional tidak hanya diperlukan oleh badan usaha yang menghasilkan produk saja namun juga sangat diperlukan untuk badan usaha yang bersifat jasa seperti perhotelan. Pada perhotelan, peningkatan kualitas operasional dapat dilakukan pada segi quality of conformance yakni dengan melihat dimensi kualitas layanan yang terdapat pada hotel tersebut. Peningkatan quality of conformance akan memberikan dampak bagi peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada tamu hotel dan jika tamu hotel merasa kualitas layanan yang diberikan memuaskan maka akan memungkinkan bila tamu hotel menggunakan kembali fasilitas yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Saat ini perkembangan bidang perhotelan tidak hanya dikuasai oleh full service hotel melainkan juga mulai berkembang budget hotel yang memiliki segmen pasar tersendiri. Tiap segmen perhotelan yang berbeda akan memiliki critical success factor yang berbeda pula tergantung pada kondisi masing-masing hotel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brotherton, Bob. 2004. Critical success factor in UK Budget Hotel Operations.Internasional Journal of Operations & Production Management, Vol 24 No 9 : 944-969.

Hayes, David K and Jack D. Ninemeier. 2004. Hotel Operation Management. New Jersey : Pearson education, Inc

Horngren, Charles T. Datar, Srikant M. Foster, George. Rajan, Madav. Ittner, Christopher.2009. Cost Accounting: A Managerial Emphasis, 13th edition. Prentice Hall International.

Hoyle, David. 2007. Quality Management Essentials.USA : Elsevier Limited

Jaw W.Spechler, 1999. Managing quality in America’s most admires company. San Fransisco : Berrett-Koehler.

Johnso, G. and Scholes, K. (2006) ExploringCorporate Strategy (4th) Hemel Hempstead : Prentice Hall, Vol 24 : 41-64

Jones, Christine and Valerie Jowett. 1998. Managing Facilities. Woburn MA : Butterworth-Heinemann.

Jones, Peter and Andrew Lockwood. The Management of hotel operations. London : Thomson.

Kasimoglu, Murat. 2003. Niche Overlap – Competition and Homogeneity in the Organizational Clusters of Hotel Population. Internasional Journal of Operations & Production Management, Vol 26 : 60-75

Kelemen, Mihaela. 2005. Managing quality. London : Sage Publication Ltd.

Laurindo, Fernando Jose, Marly Monteiro de Carvalho and Tamio Shimizu.2003 Information strategy Alignment : Brazilian Case. USA: IRM Press.

Li, Lan, Eliza Ching-Yick Tse and Lishan Xie. 2007. Hotel General Manager profile in China : a case of Guangdong Province. Internasional journal of Cotemporary Hospitaly Management, Vol 19 : 263-274

Nykiel, Ronald A. 2005. Hospitaly Management Strategies. New Jersey : Pearson education, Inc.

Ramathan, Usha and Ramakrishnan Ramathan. 2010. Guest perceptions on factors influencing customer loyalty. Internasional journal of Cotemporary Hospitaly Management, Vol 23 : 7-25

Tjiptono, Fandy.2005. Pemasaran Jasa. Malang, Indonesia : Bayumedia.

Verma, Harsh V., 2008. Service Marketing. Delhi : Dorling Kindersley

Xiao, Qu, John W. O’Neill and Anna S. Matilla. 2012. The role of hotel owners: the influence of corporate strategies on hotel performance. Internasional journal of Cotemporary Hospitaly Management, Vol. 24: 1-11.
Published
2015-03-01