CHILWIN & Co. Fotografi Wedding

  • Chilwin Theodoroes Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 141 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 189 times
Keywords: Fotografi, Pernikahan, Blue Ocean, Lean, Surabaya, Chilwin

Abstract

Chilwin & Co. merupakan perusahaan yang bergerak di bidang fotografi seni dengan spesialisasi pernikahan gaya Chinese-Western. Untuk menghindari persaingan langsung dan menyiasati modal yang terbatas, Chilwin & Co. menggabungkan Blue Ocean Strategy (Kim & Mauborgne) dan Lean Startup (Soeherman). Analisa pesaing dilakukan terlebih dahulu untuk menentukan apa yang menjadi celah perusahaan agar dapat membuka market  baru untuk menghindari persaingan. Penulis menemukan celah yang menurut penulis mampu diandalkan untuk menarik perhatian market. Inovasi yang digagas merupakan pembuatan hasil akhir berbentuk fisik maupun elektronik yang unik dan juga dapat menjadi suatu memento, yaitu pop-up album dan digital album yang juga telah melalui tahap validasi melalui proses wawancara terhadap sampel market yang dituju yaitu pasangan yang akan menikah dan juga teman dan kerabat dekat yang memiliki kemampuan ekonomi kelas atas di Indonesia, terutama Surabaya. Efisiensi dana dan juga karyawan juga menjadi hal yang utama dalam penerapan strategi Lean. Karya tulis ini juga mengikut-sertakan perhitungan-perhitungan proyeksi keuangan kedepan untuk mengetahui kelayakan dan prospek bisnis kedepannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Soeherman, Bonnie. 2014. Lasting Lean. Gramedia : Indonesia.

Badan Pusat Statistik, 2012. Indonesia dalam angka. http://.bps.go.id/?hal=publikasi_detil&id=5. (diunduh 1 Mei 2014).

David. Fred R.. 2013. Strategic Management Concepts and Cases. Thirteenth Edition. Pearson Education Inc : New Jersey.

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein. 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68.

Kim. et. Al. 2005. Blue Ocean Strategy Fifth Edition. Harvard Business School Publishing Corporation : USA.

Kotler. Philip. et al.. 2009. Marketing Management. Fifth Edition. Pearson Education Inc ; Singapore.

Ries. Erick. 2011. The Lean Startup. Crown Business : New York.
Published
2015-03-01