ADOPSI PROTEIN SERANGGA DARI LIMBAH ORGANIK SEBAGAI PAKAN HEWAN DI SIDOARJO. STUDI KASUS FORWARD

  • Agnes Laurens Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 260 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 305 times
Keywords: adopsi produk baru, black soldier fly, sumber protein

Abstract

Studi pasar penting dalam tahap awal proses pemasaran untuk produk baru. Dengan melakukan studi pasar akan membantu perusahaan lebih cepat dalam memahami mengenai produk seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan pasar serta menetapkan aplikasi khusus untuk produk baru tersebut. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk FORWARD di EAWAG untuk mendukung program pengelolaan limbah padat organik perkotaan dengan black soldier fly sebagai produk konversi yang dimanfaatkan sebagai sumber protein pakan hewan. Untuk mencapai tujuan tersebut, pada penelitian ini dibahas mengenai adopsi produk baru oleh pelanggan potensial terhadap black soldier fly. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data didapatkan dari hasil wawancara dan focus group discussion, analisis dokumen, dan observasi. Responden penelitian ini berasal dari industri pakan unggas, pembudidaya ikan tambak, dan pedagang di pasar ikan hias dan burung. Penelitian ini membahas pilihan penggunaan pakan hewan dan sumber protein, ketertarikan terhadap black soldier fly sebagai produk alternatif, dan kriteria penerimaan produk tersebut. Dari penelitian ini didapatkan bahwa pembudidaya ikan tambak dan pasar burung merupakan pelanggan potensial black soldier fly untuk tahap awal pemasaran produk karena tertarik menerima produk tanpa melewati proses pengolahan. Sedangkan industri pakan unggas yang juga tertarik menggunakan produk dapat menjadi target pelanggan untuk jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efferin, S dkk. 2008. Metode Penelitian Akuntansi Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Gordon, G.L dkk. 1997. New Product Development: Using the Salesforce to Identify Opportunities. Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 12 No. 1, 33.

López, M.L. dan Sicilia, M. 2011. How WOM Marketing Contributes to New Product Adoption. European Journal of Marketing, Vol. 47 No. 7.

Ma, Z., Yang, Z. dan Mourali, M. 2014. Consumer Adoption of New Products: Independent Versus Interdependent Self-Perspectives. Journal of Marketing, 78(3), 101-117.

Rogers, E.M. 2003. Diffusion of Innovations 5th ed. Free Press: New York

EAWAG. 2013. Conversion of Organic Refuse by Saprophages (CORS). http://www.eawag.ch/forschung/sandec/gruppen/MSWM/projects_mswm/cors/index_EN (Diakses tanggal 14 Mei 2014)

EAWAG. 2014. Water and Sanitation in Developing Countries - Project FORWARD.
http://www.eawag.ch/forschung/sandec/gruppen/MSWM/projects_mswm/
forward/index_EN (Diakses tanggal 14 Mei 2014)
Published
2015-03-01