DAMPAK KOMUNIKASI MELALUI SOSIAL MEDIA DAN MEDIA TRADISIONAL DALAM MEMBENTUK BRAND EQUITY DAN MEMPENGARUHI MINAT BELI PADA SMARTPHONE DI JAWA TIMUR

  • Lazuardi Hilmil Muttaqien Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 248 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 316 times
Keywords: komunikasi media tradisional (advertising), komunikasi sosial media dibuat distributor resmi, komunikasi sosial media dihasilkan pengguna biasa, brand awareness, functional brand image, hedonic brand image, brand attitude, minat beli

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui hubungan dan pengaruh dari brand communication pada brand equity melalui sosial media dibandingkan dengan media tradisional sehingga mempengaruhi minat beli smartphone di Jawa Timur. Penelitian merupakan replikasi penelitian sebelumnya oleh Bruhn et al., (2012) dengan judul “Are Social Media Replacing Traditional Media in Terms of Brand Equity Creation?”. Jumlah sampel sebesar 200 sampel dihasilkan dari survai online. Metode pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Model yang diolah menggunakan program Lisrel 8.70. Brand image dibagi menjadi functional brand image dan hedonic brand image. Temuan dalam penelitian berbeda dengan penelitian Bruhn et al., (2012) yang menunjukkan bahwa komunikasi media tradisional (advertising) berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand image dan komunikasi sosial media dibuat distributor resmi berpengaruh positif terhadap brand image, sedangkan komunikasi sosial media dihasilkan pengguna biasa berpengaruh negatif terhadap brand awarenesss dan brand image. Brand image berpengaruh positif terhadap brand attitude. Terbentuk brand attitude memiliki pengaruh positif terhadap minat beli smartphone di Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belch, G.E., dan Belch, M.A. (2012). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communications Perpective, 9E Global Edition. Amerika Serikat, New York: McGraw-Hill/Irwin.

Durianto, D., Sugiarto, dan Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ebert, R.J., dan Griffin, R.W. (2013). Business Essentials, 9th ed. Inggris. Harlow: Pearson Education Limited.

Ferdinand, A. (2012). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor, edisi 2. Semarang : Fakultas Ekonomi Undip.

Ghozali, I., Fuad. (2012). Structural Equation Modeling Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.80, edisi 3. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., Keller, K.L. (2012). Marketing Management, 14th ed. Amerika Serikat: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., Keller, K.L., Ang, S.H., Leong, S.M., Tan, C.T. (2012). Marketing Management An Asian Perspective, 6th ed. Singapura: Pearson Education South Asia Pte Ltd.

Percy, L. (2008). Strategic Integrated Marketing Communication Theory and practice, 1st ed. Amerika Serikat: Elsevier Inc.

Rosebush, M. (2011). Validations of the “Character Mosaic Report”. Amerika Serikat: United States Air Force Acedemy (USAFA) for Character and Leadership Development.

Wijayanto, S.H. (2008). Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8: Konsep dan Tutorial, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity, 3rd ed. Amerika Serikat. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Bravo, R., Iversen, N.M., Pina, J.M. (2011). Expansion Strategies For Online Brands Going Offline. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 29, No. 2, p. 195-213.

Bruhn, M., Schoenmueller, V., dan Schafer, D.B. (2012). Are Social Media Replacing Traditional Media in Terms of Brand Equity Creation? European Journal of Marketing. Vol. 35, No. 9, p. 770-790.

Buil I., Chernatony, L. D., Martinez, E. (2013). Examining the Role of Advertising and Sales Promotions in Brand Equity Creation. Journal of Business Research. Vol. 66, p. 115-122.

Choi, H., Reid, L.N. (2014). Students as Subjects in Food Advertising Studies. An Appraisal of Appropriateness. Appetite. Vol. 81, p. 218-224.

Dunkes, J.A., Enckevort, K.V. (2013). Facebook & Brand Equity: Firm-Created Advertising and Its Effects on The Consumer Mindset. Umea School of Business and Economics.
Published
2015-03-01