PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D PEWAYANGAN PUNAKAWAN
Abstract
Kebudayaan asli Indonesia terancam keberadaannya karena kebudayaan global yang berkembang begitu cepat di Indonesia. Jika kebudayaan global terus menerus memasuki benak seluruh masyarakat Indonesia, akan mengancam keberadaan kebudayaan asli Indonesia. Film merupakan salah satu elemen kebudayaan global yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat generasi muda akan kekayaan budaya bangsa, dibuatlah film animasi 3D pewayangan "Punakawan". Punakawan adalah tokoh-tokoh pewayangan asli Indonesia yang berbentuk aneh dan lucu, termasuk watak dan tingkah polanya. Film ini dibuat untuk memperkenalkan tokoh - tokoh pewayangan Punakawan dan kebudayaan Indonesia lainnya kepada generasi muda indonesia. Agar kebudayaan indonesia tetap di kenal dan tetap dipertahankan oleh generasi muda indonesia.
Downloads
References
Barthes. 1998. Ada Makna di Balik Shot. [Online]. Tersedia di : http://id.scribd.com/doc/55022153/SinemaTografi [Diakses 26 Oktober 2013].
Fendi E Wahyudi. 2012. Globalisasi dan Feodalisme Baru : Menakar Persebaran Teknologi Dalam Globalisasi. [Online]. http://portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=74675 [Diakses 26 Oktober 2013].
Halas, J. and Roger Manvell. 1973. The Technique of Film Aanimation. [Online]. Tersedia di : http://kelompokkami.wordpress.com/3d-animation/ [Diakses 26 Oktober 2013].
Riadi, Muchlisin. 2013. Pengertian, Teknik dan Perancangan Animasi. [Online]. Tersedia di : http://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-teknik-danperancangan.html#ixzz2emZnnOBA [Diakses 17 September 2013].
Wikipedia. (2011). 3D_MODELING. http://en.wikipedia.org/wiki/3D_modeling. [Diakses pada tanggal 10 Juni 2012].
Wikipedia. (2011). 3_DIMENSI. http://id.wikipedia.org/wiki/3_dimensi. [Diakses pada tanggal 10 Juni 2012].
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.