EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA RESTAURANT “ K SUSHI” DI SURABAYA

  • Ivana Afilia Sutanto Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Bonnie Soeherman Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1284 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3396 times
Keywords: Sistem Pengendalian Manajemen, Restaurant, control problem, control system tightness

Abstract

Setiap badan usaha menginginkan sumber daya manusia yang berkompeten. Sumber daya manusia merupakan unsur terpenting dalam badan usaha untuk menemukan kesuksesan atau kegagalan penerapan strategi badan usaha. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan evaluasi sistem pengendalian manajemen agar badan usaha dapat berjalan efektif dan mencapai target yang diinginkan badan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan applied research dengan objek penelitian yaitu bagian operasional restaurant “K Sushi” di Surabaya yang bergerak dalam menyediakan berbagai makanan Jepang. Hasil evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa permasalahan yang dialami oleh pihak restaurant disebabkan karena pihak internal restaurant baik dari karyawan dan pemilik restaurant. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan control problem atau masalah- masalah yang terjadi pada restaurant “K Sushi”. Permasalahan yang terjadi di Restaurant “K Sushi” secara umum adalah lack of directions, motivational problems, dan personal limitations. Hal tersebut disebabkan karena lemahnya perancangan sistem pengendalian manjamen yang berjalan di restaurant “K Sushi”. Kelemahan perancangan sistem pengendalian manajemen di restaurant “K Sushi” terletak pada control system tightness, dimana setiap bentuk pengendalian dapat dikatakan masih kurang ketat. Sehingga peneliti memberikan perancangan sistem pengendalian manajemen yang efektif bagi restaurant “K Sushi”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, Robert N, and Vijay Govindarajan. 2007. Management Control Systems, 12th edition. New York: McGraw – Hill.

Badan Pusat Statistik (BPS). Diakses dari https://surabayakota.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/392 dan https://surabayakota.bps.go.id/website/brs_ind/brsInd-20161107085326.pdf. Diakses pada tanggal 16 maret 2017 pukul 16.30 WIB.

Cherrington, David J. 1995. The Management of Human Resources. Englewood Cliffs, NJ : Prentice-Hall.

Hongren, Charles, garu Sundem, and William Stratton. 2005. Introduction to Management Accounting. USA: Pearson Prentice Hall.

Kurniawan, Indra. 2014. Dude Harlino Soal Bisnis Kulinernya. http://www.tabloidbintang.com/articles/berita/polah/3568-Dude-Harlino-Soal-Bisnis-Kulinernya. Diakses pada hari kamis tanggal 8 Desember 2015 pukul 13.30 WIB.

Maciariello, Joseph A, dan Calvin J. Kirby. 1994. Management Control System: Using Adaptive System to Attain Control. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Massingham, Peter R dan Tam, Leona. 2015. The relationship between human capital, value creation and employee reward. Journal of Intellectual Capital. Vol. 16 Iss 2 pp. 390- 418.

Mathis, Robert L dan Jackson John H. 2002. Human Resource Management, Alih Bahasa. Jakarta : Salemba Empat.

Merchant, K. A and W.A. Van der Stede. 2007. Management Control System: Performance Measurement, Evaluation and Incentives. London, UK: Prentice-Hall.

Mulyadi dan Johny Setyawan. 2001. Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen. Edisi ke-2. Cetakan ke-1. Jakarta: Salemba Empat.

Nilsson, F., dan Olve. 2001. Control system in Multibusiness Companies: From Performance Management to Strategic Management. European Management Journal Vol. 19, No. 4, pp. 344-358.
Published
2018-03-01