PEMBUATAN PERMAINAN DAKON VIRTUAL
Abstract
Permainan dakon merupakan permainan papan tradisional yang cukup populer pada zaman dulu. Dakon biasa dimainkan saat senggang secara lesehan di teras rumah atau di bawah pohon. Namun sayangnya, permainan tradisional dakon sudah mulai dilupakan dan jarang dijumpai sekarang ini. Berdasarkan hasil survey, hal ini dikarenakan peralatan permainan yang besar dan repot disiapkan. Selain itu, permainan tradisional dakon dianggap membosankan oleh beberapa responden karena tidak ada reward. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah alternatif berupa aplikasi permainan dakon. Besarnya angka pasar penjualan perangkat Android di Indonesia menunjukkan banyaknya pengguna Android di Indonesia. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi permainan dakon berbasis Android. Aplikasi permainan dakon virtual ini dapat dimainkan 1 pemain melawan musuh computer maupun dimainkan 2 pemain secara bergantian. Selain itu, terdapat pula pengaturan biji manual dan otomatis untuk memberikan sensasi bermain dakon yang sesungguhnya serta bonus kartu yang didapat setelah memenangkan permainan melawan musuh level 3. Pembuatan aset, tampilan, animasi dan program pada game ini menggunakan software Adobe Illustrator untuk desain dan juga Adobe Flash untuk program. Program dibuat dengan menggunakan bahasa ActionScript 3.0. Aplikasi permainan ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Dari hasil ujicoba dapat disimpulkan bahwa melalui game ini, pengguna dapat bermain dakon tanpa memiliki papan dan biji dakon. Game ini juga dinilai lebih menarik untuk dimainkan dan mampu memberikan sensasi seperti bermain dakon manual dengan adanya fitur kartu bonus dan pengaturan biji manual.
Downloads
References
developer.android.com. (2014). Screen Sizes and Densities. http://developer.android.com/about/dashboards/index.html. [diakses pada tanggal 18 Maret 2014].
developer.android.com. Supporting Multiple Screens. http://developer.android.com/guide/practices/screens_support.html. [diakses pada tanggal 18 Maret 2014].
disporbudpar.cirebonkota.go.id. (2011). Artikel Cara Bermain Dakon/Congklak. http://disporbudpar.cirebonkota.go.id/index.php/Artikel/dakoncongklak. html. [diakses pada tanggal 23 Maret 2014].
expat.or.id. Congklak, A Traditional Game of Indonesia. http://www.expat.or.id/info/congklak.html. [diakses pada tanggal 23 Maret 2014].
Fourie, H.L. (2012). Board Games of the World. CreateSpace Independent Publishing Platform.
http://www.boardgamesoftheworld.com/dakon.html. [diakses pada tanggal 18 Juni 2014].
http://www.soundjay.com. [diunduh pada tanggal 03 Juni 2014].
tekno.kompas.com. (2013). Orang Indonesia Beli 14 Juta Smartphone. http://tekno.kompas.com/read/2013/12/03/0753280/Orang.Indonesia.Beli.14.Juta.Smartphone.htm [diakses pada tanggal 25 April 2014].
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.