PEMBUATAN PERMAINAN DAKON VIRTUAL

  • Lilis Sukma Yenti Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 454 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 709 times
Keywords: permainan papan, dakon, Android, musuh

Abstract

Permainan dakon merupakan permainan papan tradisional yang cukup populer pada zaman dulu. Dakon biasa dimainkan saat senggang secara lesehan di teras rumah atau di bawah pohon. Namun sayangnya, permainan tradisional dakon sudah mulai dilupakan dan jarang dijumpai sekarang ini. Berdasarkan hasil survey, hal ini dikarenakan peralatan permainan yang besar dan repot disiapkan. Selain itu, permainan tradisional dakon dianggap membosankan oleh beberapa responden karena tidak ada reward. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah alternatif berupa aplikasi permainan dakon. Besarnya angka pasar penjualan perangkat Android di Indonesia menunjukkan banyaknya pengguna Android di Indonesia. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan aplikasi permainan dakon berbasis Android. Aplikasi permainan dakon virtual ini dapat dimainkan 1 pemain melawan musuh computer maupun dimainkan 2 pemain secara bergantian. Selain itu, terdapat pula pengaturan biji manual dan otomatis untuk memberikan sensasi bermain dakon yang sesungguhnya serta bonus kartu yang didapat setelah memenangkan permainan melawan musuh level 3. Pembuatan aset, tampilan, animasi dan program pada game ini menggunakan software Adobe Illustrator untuk desain dan juga Adobe Flash untuk program. Program dibuat dengan menggunakan bahasa ActionScript 3.0. Aplikasi permainan ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Dari hasil ujicoba dapat disimpulkan bahwa melalui game ini, pengguna dapat bermain dakon tanpa memiliki papan dan biji dakon. Game ini juga dinilai lebih menarik untuk dimainkan dan mampu memberikan sensasi seperti bermain dakon manual dengan adanya fitur kartu bonus dan pengaturan biji manual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lilis Sukma Yenti, Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya

 

 

References

agpc.org. (2013). Types of Games. http://agpc.org/games. [diakses pada tanggal 18 Juni 2014].

developer.android.com. (2014). Screen Sizes and Densities. http://developer.android.com/about/dashboards/index.html. [diakses pada tanggal 18 Maret 2014].

developer.android.com. Supporting Multiple Screens. http://developer.android.com/guide/practices/screens_support.html. [diakses pada tanggal 18 Maret 2014].

disporbudpar.cirebonkota.go.id. (2011). Artikel Cara Bermain Dakon/Congklak. http://disporbudpar.cirebonkota.go.id/index.php/Artikel/dakoncongklak. html. [diakses pada tanggal 23 Maret 2014].

expat.or.id. Congklak, A Traditional Game of Indonesia. http://www.expat.or.id/info/congklak.html. [diakses pada tanggal 23 Maret 2014].

Fourie, H.L. (2012). Board Games of the World. CreateSpace Independent Publishing Platform.

http://www.boardgamesoftheworld.com/dakon.html. [diakses pada tanggal 18 Juni 2014].

http://www.soundjay.com. [diunduh pada tanggal 03 Juni 2014].

tekno.kompas.com. (2013). Orang Indonesia Beli 14 Juta Smartphone. http://tekno.kompas.com/read/2013/12/03/0753280/Orang.Indonesia.Beli.14.Juta.Smartphone.htm [diakses pada tanggal 25 April 2014].
Published
2015-03-01