PEMBUATAN VISUALISASI CERITA HANOMAN SECARA INTERAKTIF UNTUK ANAK UMUR 7-10 TAHUN
Abstract
Wayang merupakan sebuah kebudayaan Indonesia yang hampir ditinggalkan khususnya bagi para anak-anak. Hal yang menyebabkan kebudayaan wayang ditinggalkan adalah tampilan yang kurang menarik serta cerita yang dianggap kuno atau membosankan. Dari hasil Survey yang dilakukan kepada anak-anak umur 7-10 tahun, saat ini anak-anak hampir tidak mengetahui tentang cerita perwayangan, mereka lebih senang membaca cerita komik yang terdapat banyak gambar di dalamnya. Oleh karena itu, Penulis ingin membuat suatu bentuk yang menarik agar cerita wayang diminati oleh banyak orang khususnya anak-anak yaitu dengan membuat visualisasi cerita wayang dengan menggunakan media animasi 2D interaktif yang mengangkat cerita Hanoman dan dapat dijalankan melalui media komputer. Teori-teori yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu psikologi anak, prinsip dasar animasi karakter, multimedia interaktif, dan visualisasi novel. Sebelum aplikasi ini dibuat, perlu dianalisis kebutuhan sistem aplikasi yang dibuat, yaitu dengan analisis cerita wayang apa yang diketahui oleh anak-anak. Awal pembuatan aplikasi yaitu dengan mendesain user interface, script, storyboard dan concept art. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Flash CS6 untuk membuat animasi, Adobe Illustrator CS6 dan Adobe Photoshop CS6 untuk membuat dan mengedit gambar, Adobe Audition CS 6 dan Audacity untuk merekam dan mengedit suara. Aplikasi sudah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan memberikan kuesioner pada anak-anak umur 7-10 tahun dan mewawancarai guru dan orang tua anak-anak. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena user dapat mengetahui cerita sesungguhnya dari tokoh wayang yang ada. Manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana pembelajaran tentang kebudayaan Indonesia khususnya wayang.
Downloads
References
Cook, M. E. (2001). Principle of Interactive Multimedia. London: McGraw Hill.
Effersndi, Endro S. 2006. Pahami Cara Belajar Anak [online]. [ Accessed Oktober 7th 2013 ]. Available from: http://www.samarinda.go.id/node/9613.
Episentrum.com. 2010. Gaya Belajar [online]. [ Accessed November 3th 2013]. Available from: http://episentrum.com/artikel-psikologi/gaya-belajar/#more-580.
Episentrum.com. 2010. Tips Memilikan Buku Bacaan Yang Tepat Untuk Anak [online]. [Accessed November 14th 2013]. Available from: http://episentrum.com/artikel-psikologi/tips-memilihkan-buku-bacaan-yang-tepatuntuk-anak/.
Janiansyah. Multimedia [online]. [Accessed Feburari 19th 2014]. Available from: http://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pengertian-multimedia/
Kelebihan dan kekurangan video atau film[online]. [Accessed January 04th 2013]. Available from : http://griyadownload.blogspot.com/2012/01/film-sebagai-mediapembelajaran.html
Pendidikan anak pada usia dini.[online]. [Accessed Oktober 12th 2013]. Available from:http://www.gusmus.net/gusmus/page.php?mod=dinamis&sub=5&id=708
Satria Surya Prayoga . 2011. Apa Itu Wayang [online]. [ Accessed Oktober 7th 2013 ]. Available from: http://pengertianwayang
Suaramerdeka.com. 2010. Selami Novel Dengan Visualisasi [online]. [ Accessed 1st Desember, 2013]. Available from:
http://gresnews.com/ch/Regional/cl/Anton/id/1478403/Selami+Novel+dengan+Visualisasi.
Shahifaaudyrahima. Visual Novel [online]. [Accessed Febuari 19th 2014]. Available from: http://shahifaaudyrahima.wordpress.com/2013/11/24/pengertianlight-novel-dan-visual-novel/
Thomas dan Johnston. 12 Prinsip Animasi [online]. [Accessed Oktober 8th 2013]. Avaible from : http://oprekzone.com/12-prinsip-animasi/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.