PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BENDA BERBASIS GAME UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR KELAS I

  • William Surya Jaya Kumala Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 152 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 552 times
Keywords: game untuk anak sekolah dasar

Abstract

Sains merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan sejak SD dan bertujuan untuk membantu anak mempelajari tentang alam semesta sehingga mereka dapat memperluas pengetahuan tentang diri sendiri dan alam sekitar. Materi sains umumnya disampaikan melalui buku dengan komposisi gambar dan tulisan yang terkadang membosankan bagi anak-anak. Para ahli perkembangan anak memandang bahwa permainan komputer mampu memperluas cakrawala intelektual anak, membantu anak belajar sambil bermain dengan lebih baik dan lebih cepat serta meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Untuk itu, penulis membuat aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis game, yang berisi materi serta beberapa permainan edukatif, sebagai sarana untuk membantu anak dalam mempelajari sifat-sifat benda. Dengan aplikasi ini juga diharapkan anak akan lebih tertarik dalam mempelajari sifat-sifat benda. Teori- teori yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini antara lain tahap-tahap pembuatan aplikasi multimedia, desain interface multimedia, media pembelajaran, psikologi anak, pengetahuan sifat benda untuk anak SD kelas 1, desain interface yang efektif dalam aplikasi untuk anak. Sebelum aplikasi dibuat, perlu dilakukan analisis kebutuhan sistem, untuk mengetahui keadaan saat ini, antara lain cara guru mengajarkan pengetahuan tentang sifat benda, dan aplikasi sejenis yang sudah ada. Pembuatan aplikasi diawali dengan desain materi, desain interface-flow diagram aplikasi, desain aplikasi, dan desain user interface. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Adobe Photoshop CS5.1 dan Adobe Illustrator CS5.1 untuk pembuatan dan pengeditan background, karakter, dan objek. Software Adobe Flash CS6 digunakan untuk pembuatan animasi, dan software Audacity untuk perekaman dan pengeditan suara. Aplikasi sudah melewati proses uji coba dengan melakukan tes program dan pembagian kuesioner pada anak-anak SD kelas I, serta wawancara dengan guru pembimbing mereka. Dari uji coba tersebut, didapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena user dapat memahami berbagai sifat benda yang ada pada aplikasi. Manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana untuk menambahkan pengetahuan anak tentang sifat-sifat benda, dan menjadi sarana pembantu yang dapat memudahkan pengajar dalam mengajarkan pengenalan sifat benda kepada anak didiknya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R., & Hawadi. (2001). Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Aprilianto, Toge. 2010. Saatnya Melatih Anakku Berpikir. Surabaya : Brilian Internasional.

Arsyad, Azhar 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Bock, C. N. (2011). Effective Use of Typography in Applications for Children [online]. [Accessed June 12 th 2012]. Available from:
http://www.uxmatters.com/mt/archives/2011/06/effective-use-of-typography-inapplications-for-children-3.php

Bock, C. N. (2011). Effective Use of Typography in Applications for Children [online]. [Accessed June 12 th 2012]. Available from:
http://www.uxmatters.com/mt/archives/2011/10/effective-use-of-color-andgraphics-in-applications-for-children-part-i-toddlers-and-preschoolers.php

Cook, M. E. (2001). Principle of Interactive Multimedia. London: McGraw Hill.

Kompas.com. 2012. Lamanya Konsentrasi Si Kecil Bergantung Usia [online]. [Accessed July 5th 2012]. Available from: http://female.kompas.com/read/2012/05/22/07325742/Lamanya.Konsentrasi.Si.Kecil.
Bergantung.Usia

Lauesen, Soren. 2005. User Interface Design. A Software Engineering Perspective. England: Addison Wesley.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.

Vaughan, T. 2008. Multimedia : Making it Work, Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.
Published
2015-03-01