PEMBUATAN SISTEM APLIKASI SOSIOGRAM

  • Evelyn Giovanni Gondokusumo Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 1007 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 409 times
Keywords: sosiometri, sosiogram, web usability

Abstract

Sosiogram adalah grafik yang menunjukkan hubungan atau interaksi individu dalam sebuah kelompok, dan sekaligus dapat ditemukan pola hubungan social individu dengan individu lainnya. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada pakar, banyak konselor yang merasa kesulitan untuk membuat grafik sosiogram karena dirasa cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Alangkah lebih baik jika waktu tersebut dapat dialokasikan untuk kegiatan konseling. Waktu yang terbatas membuat konselor tidak dapat maksimal dalam menggunakan sosiogram sebagai salah satu data untuk konseling. Selain itu, aplikasi sosiogram yang ada dirasa tidak dapat berfungsi dengan baik maupun dirasa membuang waktu karena harus menginput ulang kembali dari awal. Berdasarkan masalah dan kebutuhan yang ada, dibuat sebuah sistem aplikasi sosiogram untuk memudahkan konselor untuk mengakses sekaligus mendapatkan grafik sosiogram dengan lebih mudah. Aplikasi ini dibuat dengan berbasis web. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengimplementasikan sistem ini adalah PHP, HTML, dan JavaScript. Aplikasi ini memungkinkan pengguna (sebagai konselor) untuk dapat membuat soal, kelompok, kategori serta kuesioner. Lalu setelah kuesioner selesai diisi oleh pengguna lain (sebagai anggota) dalam satu kelompok, pengguna (sebagai konselor) akan mendapatkan hasil berupa tabel hasil memilih, matrix atau tabel sosiometri, grafik frekuensi, grafik sosiogram, dan membuat pengelompokan berdasarkan hasil kuesioner yang didapat. Aplikasi ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan mengujicobakan aplikasi kepada target pengguna. Respon yang didapatkan positif, informasi dan visualisasi yang disajikan dalam aplikasi ini sangat jelas bagi pengguna, dan konselor merasa terbantu dengan aplikasi ini. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi salah satu solusi bagi konselor untuk membantu konselor merekap hasil kuesioner menjadi lebih mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anharku. (2009). Flowchart [internet]. Tersedia dari : http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2009/06/anharku-flowchart.pdf
[Diakses pada tanggal 1 Juni 2014].

Armaez. (2011). Sosiometri [internet]. Tersedia dari : http://sosiometri.blogspot.nl/
[Diakses pada tanggal 1 Oktober 2013].

Atmaja, Dwi. (2012). Sosiometri Dalam Pemahaman Individu. Universitas Airlangga.

Aziz, L. (2013). Konversi Koordinat Kutub ke Koordinat Kartesius dan Sebaliknya. [internet]. Tersedia dari :
http://www.slideshare.net/luqmanabdula/konversi-koordinat-kutub-ke-koordinatkartesius-dan-sebalikinya [Diakses pada tanggal 20 September 2013].

Barus, Erbina. (2013). Arti Warna Dalam Ilmu Psikologi [internet]. Tersedia dari : http://erbinabaroes.wordpress.com/2013/06/24/arti-warna-dalam-ilmu-psikologilalu-apa-warna-kepribadianmu/. [Diakses pada tanggal 1 Oktober 2013].

Cunayah, C. dan Irawan, E. I. (2013). 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Matematika. Yrama Widya.

Dikti. (2011). Inisiasi Perkembangan Belajar Peserta Didik. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta.

Heru, S. (2013). Sosiometri [internet]. Tersedia dari :
http://denmasngabeihadiningrat.blogspot.nl/2013/06/800x600-sosiometripengertian.html.
[Diakses pada tanggal 18 September 2013].

Mastur, K. (2012). Sosiometri [internet]. Tersedia dari : http://bimbingandankonselingdotnet.
wordpress.com/2012/09/18/sosiometri/ [Diakses pada tanggal 18 September 2013].

Moreno, J. L. (1951). Sociometry, Experimental Method and the Science of Society. An Approach to a New Political Orientation. Beacon House, Beacon, New York.

Nielsen, Jakob. (1999). Designing Web Usability: The Practice of Simplicity. New Rider Publishing.

Robin, B. (2010). Robin Banerjee’s Sociogram Tools [internet]. Tersedia dari : http://www.sussex.ac.uk/Users/robinb/socio.html. [Diakses pada tanggal 18 September 2013].

Sang Konselor. (2010). Cara membuat sosiogram pada sosiometri “menentukan jumlah lingkaran” [internet]. Tersedia dari :
http://konselor008.blogspot.nl/2010/12/cara-membuat-sosiogram-padasosiometri. html. [Diakses pada tanggal 20 September 2013].
Published
2015-03-01