PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN RUANGAN RUMAH DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK KELAS DUA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang agak sulit bagi beberapa siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan hanya bersifat monoton sehingga anak bosan dan malas untuk mempehatikan. Hal itu akan mengakibatkan nilai dalam bidang Bahasa Inggris juga kurang baik, sehingga siswa mengikuti les tambahan di rumah agar dapat mengerti materi- materi yang diajarkan di sekolah. Pada saat ini sudah banyak pembelajaran yang berbasis hiburan dan game yang beredar, karena itu lebih menyenangkan dan tidak monoton. Oleh karena itu, metode pembelajaran menggunakan animasi dan suara merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa akan Bahasa Inggris. Maka dari itu dibuatlah sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif tentang Bahasa Inggris ini yaitu Aplikasi Multimedia Interaktif. Multimedia Interaktif yang akan dibuat ini akan terdapat 5 pelajaran ruangan rumah dimana tiap pelajaran terdapat benda - benda interaktif yang dapat mengeluarkan suara tentang pembelajaran tersebut. Selain itu juga akan ada halaman evaluasi atau practice pada tiap topik pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang topik ruangan rumah tersebut. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi memberikan hasil yang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, karena menurut pengguna, aplikasi pembelajaran ruangan rumah dalam Bahasa Inggris ini menarik sehingga anak-anak dapat memahami Bahasa Inggris dengan lebih baik.
Downloads
References
Gittings Christian. (2010). How Computer Aided Learning. Available at: http://www.scribd.com/doc/25232711/Computer-Aided-Learning
Goleman, D. 1999. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E. 2006. Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Nugroho, E. 2008. Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET.
Rustan, S. 2011. Huruf, Font dan Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama (GPU).
Sihombing D. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Silvester Goridus Sukur, 2006. English For Real Communication. Jakarta: Grasindo.
Shiksha Abhiyan, Sarva. (2013). Computer Aided Learning (CAL). Available at: http://gujarat-education.gov.in/ssa/projects/computer_aided_learning.htm
Speak Out. (2013). Apa Itu Bahasa Inggris???. Available at: http://speakout.palcomtech.com/?p=863
Welie, M. 2008. SlideShow. SlideShow, [internet]. Available at: http://www.welie.com/patterns/showPattern.php?patternID=slideshow.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.