FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INFLASI DI INDONESIA PERIODE 2009:4 – 2014:2
Abstract
Inflasi merupakan salah satu faktor krusial yang mempengaruhi sendi perekonomian.Pemahaman tentang inflasi dan faktor – faktor inflasi yang mempengaruhinya sangat penting untuk tujuan pengendalian dan menjaga kestabilan Inflasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi inflasi di Indonesia periode 2009:4 – 2014:2. Pengujian ini menggunakan tingkat signifikan pada faktor – faktor yang mempengaruhi inflasi dapat mengetahui tentang pengaruhnya pada inflasi. Data yang digunakan menggunakan data sekunder runtun waktu(time series) kuartalan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode ekonometrika dengan uji OLS dan uji PAM. Hasil dari penelitian menggunakan uji OLS dan uji PAM tidak berbeda jauh pengaruh signifikan dalam jangka pendek pengaruh signifikan terjadi pada variabel PDB dan variabel Jumlah uang beredar (M2 )sedangkan variabel lain seperti exchange rate dan BI rate tidak berpengaruh signifikan. Perhatian terhadap pengendalian inflasi perlu ditekankan pada pertumbuhan produk domestik bruto dan jumlah uang beredar.
Downloads
References
Negara Berkembang.
Anwar Nasution. 2001. Kerangka Kerja Kebijakan Moneter bank Indonesia Pasca Krisis, Makalah, Seminar Nasional di FE UNDIP Dalam Rangka Dies Natalis
ke 44. Semarang.
Ariefianto, Moch.Doddy. 2012. Ekonomitrika, Esensi dan Aplikasi Dengan menggunakan Eviews, Erlangga, Jakarta
Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Ilyas Achyar. 1999. Menuju Kestabilan Nilai Rupiah Melalui Independensi, Akuntabilitas dan Transparansi. Makalah, Diskusi Panel Kemandirian Bank
Indonesia Pasca UU NO. 23 Tahun 1999. Jakarta.Lucas, R.E. 1995. Monetary Neutrality.
Sasana, H, 2004. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Inflasi di Indonesia dan Filipina. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Edisi September.
Yogyakarta : UGM
Mishkin, Frederic S. 2007. The Economics of Money, Banking & Financial Market. 8th edition. Pearson Education.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.