STUDI PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR PADA BADAN USAHA GO PUBLIC YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009 – 2011

  • Christina Yapitro Universitas Surabaya
  • Hari Hananto Universitas Surabaya
  • Susanti Linuwih Universitas Surabaya
Abstract Views: 324 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 265 times
Keywords: Dividen, Abnormal return, Reaksi pasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengumuman dividen kas terhadap reaksi pasar. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear dengan dummy variabel. Dummy yang digunakan sebagai dasar pengukuran pengumuman dividen, dimana angka 0 diklasifikasikan sebagai periode 5 hari sebelum pengumuman dividen sedangkan angka 1 sebagai periode 5 hari sesudah pengumuman dividen. Sampel yang digunakan adalah perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang membagikan dividen untuk periode 2009–2011. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pengumuman dividen terhadap reaksi pasar. Hal ini menunjukan bahwa pengumuman dividen dianggap kurang memiliki kandungan informasi, atau dengan kata lain investor dalam melakukan keputusan investasi cenderung lebih banyak menggunakan informasi lain seperti kinerja keuangan, tanggung jawab sosial, right issue, krisis ekonomi, dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01