STUDI PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP REAKSI PASAR PADA BADAN USAHA GO PUBLIC YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009 – 2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengumuman dividen kas terhadap reaksi pasar. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linear dengan dummy variabel. Dummy yang digunakan sebagai dasar pengukuran pengumuman dividen, dimana angka 0 diklasifikasikan sebagai periode 5 hari sebelum pengumuman dividen sedangkan angka 1 sebagai periode 5 hari sesudah pengumuman dividen. Sampel yang digunakan adalah perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang membagikan dividen untuk periode 2009–2011. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pengumuman dividen terhadap reaksi pasar. Hal ini menunjukan bahwa pengumuman dividen dianggap kurang memiliki kandungan informasi, atau dengan kata lain investor dalam melakukan keputusan investasi cenderung lebih banyak menggunakan informasi lain seperti kinerja keuangan, tanggung jawab sosial, right issue, krisis ekonomi, dan sebagainya.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.