ANALISIS DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS PADA PR DUA DEWI DI TULUNGAGUNG

  • Dian Permanasari Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 160 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 432 times
Keywords: Biaya kualitas, analisis dan pelaporan biaya kualitas, fishbone analysis

Abstract

Saat ini persaingan pada semua bidang usaha sangat ketat sehingga setiap perusahaan harus memiliki keunggulan dari produk yang dihasilkan. Persaingan menuntut manjemen perusahaan untuk dapat menemukan cara supaya dapat memenuhi harapan konsumen akan kualitas produk dengan harga yang bersaing namun juga tidak menurunkan laba yang akan diterima perusahaan. Hal ini dapat diwujudkan dengan meningkatkan kontrol kegiatan perusahaan. Salah satu faktor dibalik tercapainya kualitas adalah dengan meminimumkan jumlah produk cacat. Adanya produk cacat dapat menyebabkan timbulnya biaya yang lebih besar yang harus dikeluarkan perusahaan untuk melakukan pengerjaan ulang (rework) atas produk cacat tersebut Bertambahnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan menyebabkan harga jual produk juga semakin meningkat sehingga tidak bisa menciptakan harga yang bersaing.  PR Dua Dewi merupakan perusahaan yang memproduksi Sigaret Kretek Tangan yang merupakan industri padat karya. Selama ini, manajemen PR Dua Dewi belum memiliki informasi mengenai biaya kualitas dan laporan biaya produksi. Hal ini mengakibatkan terbatasnya informasi yang tersedia bagi manajemen untuk mengevaluasi seluruh aktivitas yang terjadi terkait dengan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, informasi biaya kualitas memiliki peranan penting bagi manajemen sebagai alat pengambilan keputusan dan alat evaluasi kegiatan perusahaan secara umum hingga pada akhirnya mampu meminimumkan produk cacat perusahaan di masa yang akan datang.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adak, datta, Siddhesh S. Rane, 2013. Effective Utilisation of Quality Cost Reducing Tools in Automobile Industry. India: Ijater.

Besterfield, Dale. 2009. Quality Control. 8th edition, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Gryna, Frank M, Richard C.H.Chua, dan Joseph A. DeFeo, 2007, Juran’s Quality Planning and Analysis for Enterprise Quality 5th, Singapura: The McGraw-Hill.

Hansen, Don R, Mowen, Maryanne M, 2007, Managerial accounting 8th edition, USA: Thomson South Western.

Hansen, Don R, Mowen, Maryanne M, 2009, Managerial accounting 8th edition, USA: Thomson South Western.

Horngren, Charles T, Srikant M. Datar, George Foster, 2006, Cost Accounting: A Managerial Emphasis 12th edition, USA: Prentice Hall.

Hutchins, Gregory, 1991, Introduction to Quality, Singapura: Macmillan Publishing.

Yamit, Drs. Zulian, 2009, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta: Ekonosia.
Published
2014-09-01