PENERAPAN DAN ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA (DPM) FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA

  • Yakub Hermawan Teja Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 228 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 996 times
Keywords: Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), knowledge management system, web base

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) agar lebih efektif dan efisien. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) merupakan organisasi ke mahasiwaan yang memiliki tugas sebagai jembatan antara mahasiswa, dosen sampai ke tingkat dekanat.  Dalam regenerasi kinerja Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) banyak sekali anggota baru yang tidak mengerti tugas dan tanggung jawab yang harus mereka kerjakan dan akibatnya kinerja mereka tidak maksimal. maka Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang lama melakukan pelatihan (diklat) yang mana dalam pelatihan tersebut dibicarakan tentang tugas dan tanggung jawab yang harus di kerjakan yang mana dalam knowledge management system disebut Knowledge sharing dan transfer knowledge.   Dari hasil penelitian ini menunjukkan dalam proses knowledge management system yang lama kurang efektif dan efisien sehingga perlu diubah menjadi knowledge management web base yang mana dalam web tersebut bisa ada bermacam-macam jenis knowledge seperti knowledge seeking, knowledge capture dan knowledge sharing. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrianto, Fajar, dkk. 07 Februari 2006. Bisnis Booming 2006, Siapa Melejit di Kalender Baru? (On-line) http://www.wartaekonomi.com/detail.asp?aid- 6412&cid=24, diakses tanggal 23 Mei 2014

Al Hawamdeh, Suliman. 2003. Knowledge Management (Culltrvating Knowledge Profesionnals).USA: Candos Publishing.

Awad, Elias M. dan Chazin, Hassan M. 2004. Knowledge Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Budiasih. 2002. Jurnal Ekonomi dan Bisnis no 3 Jilid 7, Universitas Gunadarma.

Hafidz, Ibnu Novel. 2007. AIUEO Mengulik Bisnis Event Organizer, Edisi Pertama. Yogyakarta: Gava Media.

Hill, James A. 2007. Accounting Information Systems, 5th Edition. Ohio, United States of America: South Western: Thomson Corporation.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Romney, Marshall B, and Paul John Steinhart. 2006. Accounting Informantion Systems, 10th Edition. New Jersey, United States of America: Prentice Hall.

Sangkala. 2007. Knowledge Management (Suatu Pengantar Memahami Bagaimana Organisasi Mengelola Pengetahuan Sehingga Menjadi Organisasi Yang Unggul). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tiwana, Amrit. 1999. The Knowledge Management Toolkit, 1th Edition. Prentice Hall PTR

Tjakraatmadja, Lantu. 2006. Knowledge Management Dalam Konteks Organisasi Pembelajar. Bandung: Mizan Frafika Sarana.

Tobing, Paul. 2007. Knowledge Management (Konsep Arsitektur, dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Whitten, Jeffery L., Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman. 2004. Metode Desain dan Analisis Sistem Edisi Keenam. Yogyakarta: ANDI.
Published
2014-09-01