ANALISIS PERBEDAAN PROGRAM DAN PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA BUMN DAN BUMS: STUDI CONTENT ANALYSIS PERUSAHAAN SEMEN DI INDONESIA

  • Puteri Kusumaning Tyas Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 316 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 902 times
Keywords: CSR, Pelaporan CSR, PT Semen Indonesia Tbk, PT Semen Baturaja Tbk, PT Indocement Tbk, PT Holcim Indonesia Tbk

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan melibatkan karyawan dan masyarakat maupun pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan bisnis dan pembangunan yang baik. Akhir-akhir ini, semakin banyak perusahaan yang telah menerapkan program CSR dan melaporkan CSR. Dengan struktur kepemilikan perusahaan yang berbeda-beda akan mempengaruhi desain program dan pelaporan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih dalam program, pelaporan CSR pada perusahaan semen BUMN dan BUMS di Indonesia. Penelitian dilakukan pada empat perusahaan semen di Indonesia dengan struktur kepemilikan yang berbeda. Temuan dari peneliti ini terdapat pada perbedaan program maupun standar dalam pelaporan masing-masing perusahaan. Perusahaan semen swasta menggunakan standar internasional, sedangkan perusahaan semen milik pemerintah tidak semuanya menggunakan standar internasional. Program pada masing-masing perusahaan memiliki fokus yang sama yaitu ekonomi, sosial, lingkungan namun dalam penerapan memiliki karakteristik yang berbeda-beda masing-masing perusahaan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, Azlan dan S. Susela Devi. 2008. “The Impact Of Government and Foreign Affiliate Influence on Corporate Social Reporting (The Case of Malaysia)”. Accounting, Auditing, and Accountability Journal, Vol. 23, No. 4, hal 386-404.

Anonim, 2006. Pedoman Laporan Keberlanjutan. (online). http://www.globalreporting.org/resourcelibrary/Bahasa-Indonesia-G3-Reporting-Guidelines.pdf, diakses pada 9 maret 2014.

Belal, Ataur Rahman. 2008. Corporate Social Responsibility Reporting in Developing Countries: The Case of Bangladesh. ISBN 978-0-7546-4588-7.

Carroll, A. B. 1991. The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the Moral Management of Organizational Stakeholders. Business Horizons.

Daniri, A. 2008. Standarisasi tanggung jawab sosial perusahaan. (online). www.pkbl.bumn.go.id, diakses pada 9 maret 2014.

Darwin, Ali. 2006. “Akuntabilitas, Kebutuhan, Pelaporan dan Pengungkapan CSR bagi Perusahaan di Indonesia”. Economics, Business Acounting Review. Edisi III.

Deegan, C. 2002. “Introduction the Legitimising Efect of Social and Environmental Disclousure- a Theoritical Foundation”. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 15 No. 3 pp. 282-311.Fauzi, Hasan. Mahoney, L., Rahman, A. 2007. Institutional Ownership and Corporate Social Performance: Empirical Evidence from Indonesian Companies. Issues in Social and Environmental Accounting Journal, Vol. 1, No. 2, hal 334-347.

Ghazali, Mohd. 2007. Ownership Structure and Corporate Social Responsibility Disclosure: some Malaysiam Evidence. http://www.emeraldinsight.com.pustaka.ubaya.ac.id/journals.htm?issn=1472-0701&volume=7&issue=3&articleid=1611294&show=html, diakses tanggal 9 Maret 2014)

Hadi, N. dan Sabeni, A. 2002. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Perusahaan Go Publik di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Maksi. Vol. 1.

ISO- International Organization for Standardization. 2009. Social Responsibility – ISO 26000. (online). (http:// www.iso.org/iso/social_responsibility, diakses tanggal 9 Maret 2014)

Kementerian Negara BUMN. Daftar BUMN. Kementerian BUMN. (online). (http.//www.bumn.go.id/daftar-bumn/, diakses tanggal 9 Maret 2014)

Kotler, P. dan Nancy, L., 2005. Corporate Social Responsibility. John Wiley&Sons, Inc.: New Jersey.

Machmud, Novita dan Chaerul D. Djakman. 2008. “Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Laporan Tahunan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006”.

OECD. 2004. OECD Principles of Corporate Governance, OECD Publication Service.
Published
2014-09-01