EVALUASI PERSONNEL CONTROL AND CULTURAL CONTROL TERHADAP TURNOVER PADA PT. MUKTI CITRA JAYA

  • Felicia Oentoro Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 154 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 814 times
Keywords: personnel control, cultural control, management control system, turnover

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis, keberadaan suatu badan usaha tidak bisa lepas dari keberadaan sumber daya manusianya. Sering keluar masuknya (turnover) karyawan sebagai sumber dayanya merupakan permasalahan yang pelik yang dihadapi dalam sebuah badan usaha. Oleh karena itu, diperlukan personnel control and cultural control yang baik, sehingga diharapkan badan usaha dapat mengontrol dan mempertahankan sumber daya manusianya yang kompeten serta mengarahkan mereka agar mencapai tujuan badan usaha tersebut. Berkaitan dengan itu maka diadakan penelitian untuk mengetahui peranan personnel control and cultural control terhadap turnover, dengan mengambil obyek PT. Mukti Citra Jaya. PT. Mukti Citra Jaya sendiri telah menerapkan personnel control and cultural control dalam operasionalnya sehari-hari. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan atas implementasi beberapa metode-metode personnel control and cultural control yang cenderung menjadi faktor munculnya permasalahan management control system yang berdampak pada tingginya tingkat turnover dalam badan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya turnover terjadi karena adanya permasalahan management control system yang terjadi di badan usaha. Permasalahan ini timbul karena penerapan personnel control and cultural control yang selama ini kurang efektif. Jadi, permasalahan-permasalahan management control system dapat diatasi apabila personnel control and cultural control yang ada diterapkan dan diintegrasikan secara tepat yang selanjutnya akan berdampak pada turunnya tingkat turnover.

Downloads

Download data is not yet available.

References

McKenna, Eugene & Nic Beech. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi & Pearson Education Asia Pte. Ltd.

Merchant, Kenneth A. & Wim A. Van der Stede. (2003). Management Control Systems: Performance Measurement, Evaluation and Incentives. Prentice-Hall: Harlow.

Simamora, Henry. (1995). MSDM. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Zeffane, Rachid . (2003). Understanding Employee Turnover: The Need for a Contingency Approach. International Journal of Manpower www.emeraldinsight.com, 20 Maret 2014.

http://regional.kompas.com/read/2009/02/24/20304623/381.Tenaga.Kerja.Di.PHK, diakses tanggal 8 Agustus 2014
Published
2014-09-01