STUDI DESKRIPTIF MOTIF KONSUMEN MASYARAKAT SURABAYA DALAM BERBELANJA DI PUSAT PERBELANJAAN CIPUTRA WORLD SURABAYA

  • Indra Yani Rambing Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 83 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 144 times
Keywords: Motif berbelanja, Aesthetics, Social

Abstract

Kota Surabaya memiliki potensi wisata yang cukup bagus di berbagai bidang termasuk belanja.Belanja bukan sebagai beban melainkan sebagai hal yang menyenangkan dan dapat menikmati aktivitas belanja yang dilakukan hal ini dapat mendorong terbentuknya motif berbelanja.Ciputra World merupakanmall terbaru di Surabaya, bangunan yang ini bersifat futuristic dan terlihat cukup mewah dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif berbelanja masyarakat Surabaya pada saat berbelanja di Ciputra World Surabaya. Menurut Bloch.et.al (1994), konsep motif berbelanja ini dapat dikelompokkan menjadi tujuh dimensi yaitu Aesthetics, Convenience, Escape, Exploration, Flow, Role Enactment, dan Social. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Ciputra World Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 126 orang dengan cara pengambilan sampel convenience sampling. Profil responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah dengan menggunakan analisa SPSS.Program SPSS yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics version18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Aesthetics Dimensions lebih dominan dibandingkan dengan dimensi yang lainnya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa mayoritas masyarakat Surabaya yang mengunjungipusat perbelanjaan Surabaya karena desain interior, warna interior, tekstur interior, pencahayaan dan kenyamanan saat di Ciputra World Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, Zafar U ; Ghingold, Morry, Dahari Zainuddin. (2007). Malaysian Shopping Mall : an Expolratory Study. Asia Pacific Journal of Marketing and Logitisc, Vol.19, No.4.

Bedningthon, Nadine. (2000). Design for Shopping. Journal of Service Marketing.Vol.19 No.3.

Chithralega, J. (2013). A Study on Influence of Shopping Motivation, Mall Atmosphere and Value Relationship with Reference to Mega Malls in Chennai. International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research, Vol.2, No.6.

Moekijat, Drs. (1984). Dasar-Dasar Motivasi. Bandung: Sumur Bandung.

Nugroho, Anton Y. (2011). It’s Easy Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi.

Ross, Glen F. (2000). Psikologi Pariwisata, Edisi Pertama.Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Soekadijo, R.G. (1996). Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sytemic Linkage. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Spillane, James J. (1987). Ekonomi Pariwisata : Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Tiwari, Rupesh Kumar dan Abraham, Raipur India Anish. (2010). Understanding The Consumer Behavior Towards Shopping Malls In Raipur City. International Journal of Management & Strategy, Vol.1, No.1.

Winardi, Prof. Dr. J. (2002). Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Published
2014-09-01