STUDI DESKRIPTIF MOTIF KONSUMEN MASYARAKAT SURABAYA DALAM BERBELANJA DI PUSAT PERBELANJAAN CIPUTRA WORLD SURABAYA
Abstract
Kota Surabaya memiliki potensi wisata yang cukup bagus di berbagai bidang termasuk belanja.Belanja bukan sebagai beban melainkan sebagai hal yang menyenangkan dan dapat menikmati aktivitas belanja yang dilakukan hal ini dapat mendorong terbentuknya motif berbelanja.Ciputra World merupakanmall terbaru di Surabaya, bangunan yang ini bersifat futuristic dan terlihat cukup mewah dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif berbelanja masyarakat Surabaya pada saat berbelanja di Ciputra World Surabaya. Menurut Bloch.et.al (1994), konsep motif berbelanja ini dapat dikelompokkan menjadi tujuh dimensi yaitu Aesthetics, Convenience, Escape, Exploration, Flow, Role Enactment, dan Social. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Ciputra World Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 126 orang dengan cara pengambilan sampel convenience sampling. Profil responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah dengan menggunakan analisa SPSS.Program SPSS yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics version18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Aesthetics Dimensions lebih dominan dibandingkan dengan dimensi yang lainnya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa mayoritas masyarakat Surabaya yang mengunjungipusat perbelanjaan Surabaya karena desain interior, warna interior, tekstur interior, pencahayaan dan kenyamanan saat di Ciputra World Surabaya.
Downloads
References
Bedningthon, Nadine. (2000). Design for Shopping. Journal of Service Marketing.Vol.19 No.3.
Chithralega, J. (2013). A Study on Influence of Shopping Motivation, Mall Atmosphere and Value Relationship with Reference to Mega Malls in Chennai. International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research, Vol.2, No.6.
Moekijat, Drs. (1984). Dasar-Dasar Motivasi. Bandung: Sumur Bandung.
Nugroho, Anton Y. (2011). It’s Easy Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi.
Ross, Glen F. (2000). Psikologi Pariwisata, Edisi Pertama.Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Soekadijo, R.G. (1996). Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sytemic Linkage. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Spillane, James J. (1987). Ekonomi Pariwisata : Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.
Tiwari, Rupesh Kumar dan Abraham, Raipur India Anish. (2010). Understanding The Consumer Behavior Towards Shopping Malls In Raipur City. International Journal of Management & Strategy, Vol.1, No.1.
Winardi, Prof. Dr. J. (2002). Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.