STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI PENONTON OLAHRAGA TERHADAP EVENT QUALITY NBL INDONESIA DI SURABAYA

  • Prisca Roselyn Kwa Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 108 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 187 times
Keywords: event quality, sporting events, service quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran persepsi penonton terhadap event quality NBL Indonesia di Surabaya. Event Quality dapat diukur melalui skill performance, operating time, information, entertainment, concessions, employee interaction, fan interaction, sociability, valence, ambience, design dan signage. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dan sumber data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan adalah mean, deviasi standar, diagram batang, structural equation model (SEM), pengujian undimensionalitas dan reliabilitas, yang dilakukan dengan bantuan SPSS 14 for Windows dan program software AMOS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas event NBL Indonesia di Surabaya dinilai baik oleh responden dengan demikian hasil penelitian mendukung konsep tentang event quality for spectator sports.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bowdin, Glenn, Johny Allen, William O’Toole, Rob Harris, Ian McDonnell, 2006, Event Management, Second Edition, Great Britain.

Fandy Tjiptono, 2005, Manajemen Jasa, Andi Yogyakarta.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2005, Service, Quality & Satisfaction, Edisi Tiga, Andi Yogyakarta.

Ferdinand, A., 2002, Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ferdinand, A., 2005, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Fullerton, S., 2007, Sports Marketing, International Edition, Mc Graw Hill.

Hair, Bush dan Ortinau, 2009, Marketing Research, Second Edition, Mc Graw Hill.

Hair J.F, JR., R.E. Anderson, R.L. Tatham dan W.C. Black, 2006, Multivariate Data Analysis, 6th Edition, Prentice Hall.

Ko, Y.J., Kim, Y.K., Kim, M.K., Lee, J.H., 2009, The Role of Involvement and Identification on Event Quality Perceptions and Satisfaction, Emerald Group, Vol. 22: 25-39.

Ko, Y.J., Zhang, J., dan Cattani. K, 2011, Assesment of Event Quality in Major Specatator Sports, Emerald Group, Vol 21: 304-322.

Kotler, P., 2002, Marketing Management, Eleventh Edition, Prentice Hall.

Rambat Lupiyoadi dan Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Dua, Salemba Empat.

Williams, C., dan Buswell. J, 2003, Service Quality in Leisure and Tourism, CABI Piblishing.
Published
2014-09-01