RANCANGAN SIKAP KERJA 5S DI UD. BINTANG HARAPAN SURABAYA

  • Willy Sukweenadhi Jurusan Manajemen Jejaring Bisnis Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 285 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 805 times
Keywords: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sikap kerja 5S pada UD Bintang Harapan. Cara untuk menyelesaikan permasalahan dalam UD Bintang Harapan dengan merancangkan sikap kerja 5S. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode 5S. Dimana sebelum merancangkan 5S dilakukan audit terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada UD Bintang Harapan. Tahap seiri bertujuan untuk memilah antara peralatan yang dipakai dan tidak terpakai. Tahap seiton bertujuan untuk menata peralatan berdasarkan stratifikasi yang sebelumnya telah dilakukan dan penataan layout. Tahap seiso bertujuan untuk mengidentifikasi hal – hal atau aktivitas apa saja yang menghasilkan kotoran dan operasi 5 menit bersih serta kerja bakti 1 bulan sekali pada seluruh tempat UD Bintang Harapan. Tahap seiketsu dirancangkan dengan memberikan kontrol visual di seputar tempat produksi, alur dan jalur, pelabelan dan rambu – rambu peringatan. Tahap shitsuke bertujuan agar para pekerja mengerti apa pentingnya sikap kerja 5S. Dirancangkan juga form audit yang bertujuan untuk mengetahui hasil kinerja 5S apabila rancangan sikap kerja 5S ini diimplementasikan oleh UD Bintang Harapan.Dari rancangan ini maka manfaat secara keseluruhan yang akan didapatkan oleh UD Bintang Harapan adalah meningkatkan produktivitas kerja, efisiensi waktu, meningkatkan profit, keselamatan pekerja dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bryan, Peter dan Walsh, Mick, 2002, Facilitating Change –Implementing 5-S: An Australian Case Study, Managerial Auditing journal, Vol17:329-332.

Catherine.2012. Skripsi Rancangan 5S pada UD. Minicho Medan. Surabaya.

Imai, Masaaki. 2001. Kaizen: The key to Japan's competitive success.

Jesslyn Erlinda. 2013, Skripsi Rancangan 5S pada PT.SPI. Surabaya

Jurusan Manajemen FBE-Ubaya,2014, Panduan Penulisan Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya

Purba Wisesa.2013.Skripsi Rancangan 5S pada Gudang Minyak Goreng Distributor PT.Gading Puri Perkasa.Surabaya

Santoso, Y.2010. Skripsi Rancangan 5S pada Manajemen Pergudangan di UD Santoso-Purwosari, Pasuruan, Surabaya.

Takashi,Osada.1995. Sikap Kerja 5S
Published
2014-09-01