STUDI DESKRIPTIF E-SERVICE QUALITY PADA PEMBELIAN TIKET MASKAPAI PENERBANGAN AIRASIA INDONESIA MELALUI WEBSITE AIRASIA
Abstract
Website AirAsia Indonesia adalah salah satu website yang menerapkan E-Service Quality serta konsep belanja mudah dan hemat sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi konsumen. Namun di sisi lain tuntutan konsumen dan persaingan yang semakin ketat dengan sesama jasa penerbangan sehingga mendorong website AirAsia Indonesia untuk melakukan evaluasi mengenai kualitas layanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan E-Service Quality pada pembelian tiket maskapai penerbangan AirAsia Indonesia melalui website. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel yang digunakan adalah sampel stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Identitas responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic version 20.0 for windows. Secara keseluruhan, persepsi responden terhadap E-Service Quality pada pembelian tiket maskapai penerbangan AirAsia Indonesia melalui website adalah positif. Dimensi Assurance adalah dimensi yang memperoleh mean paling tinggi dibandingkan dengan dimensi yang lainnya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa responden memiliki persepsi positif terhadap kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh website AirAsia Indonesia.
Downloads
References
Blumberg, Donald F, Managing Service as a Strategic Profit Center, McGraw-Hill, Inc., 1991
Chang, Chiao-Yun Connie, “Taiwanese Consumer’s Perception Of Service Convenience With Reference to Purchasing Tourism Product Online”, Warwick Business School, University of Warwivk, Coventry, CV4 7AL, UK, 2006
Kinnear, Bernhardt, Krentler, Principle of Marketing, Harper Collins Publisher, Fourth Edition, New York, 2005
Kotler, Philip, and Gary Armstrong, Principles of Marketing, Prentice Hall International Inc., Englewood Cliffs, NewJersey, 2004
Kotler, Philip, Bowen, John T, and Makens, James C, Marketing for Hospitaly and Tourism, Fifth Edition, Pearson Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey, 07458, 2010
Lovelock, Christopher, Services Marketing People, Technology, Strategy Fourth Edition, Prentice Hall International, Inc., 2001
Lupiyoadi, R, Manajemen Pemasaran dan Jasa: Teori dan Praktik, Salemba Empat, Jakarta, 2001
Semuel, Hatane, “Dampak Respon Emosi terhadap kecenderungan Perilaku Pembelian Implusif Konsumen Online dengan Sumberday yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi”, JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL. 8, NO. 2, SEPTEMBER 2006: 101-115
Soekadijo, Anatomi Pariwisata, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1996
Spillane, James J., Ekonomi Pariwisata : Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius, 1990
Supranto., Pengkuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar. Rineka Cipta, Jakarta, 1997
Suwantoro, Gamal., Dasar-Dasar Pariwisata, Yogyakarta, Andi, 1997
Swaid, Samar I., Measuring The Quality of E-Service: Scale Development and Initial Validation. Derpartements of Information Science and Management Universtity of Arkansas at Little Rock. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 10, NO 1, 2009
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Jakarta, 2005
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.