PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DI ARTOTEL SURABAYA
Abstract
Indonesia dikenal sebagai Negara kepulauan, oleh sebab itu sektor pariwisata lah yang paling berkembang sehingga menciptakan peluang bagus bagi bisnis perhotelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap customer satisfaction Artotel Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi adalah pelanggan yang pernah menginap dan melakukan transaksi di Artotel Surabaya. Karakteristik populasi adalah pria atau wanita, minimal pendidikan terakhir SMA, pernah menginap dan melakukan transaksi dengan Artotel Surabaya dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale yang menggunakan lima tingkatan pilihan jawaban yang sudah tersedia disetiap pernyataan yang terdapat pada kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa service quality Artotel Surabaya mempunyai pengaruh terhadap customer satisfaction.
Downloads
References
Daryanto.(2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Kotler, Philip.(2000). Marketing Management. The Millenium Edition. Prentice Hall International Inc.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong.(2001). Principles of Marketing ed-9th, Prentice Hall International Inc., Englewoood Cliffs, New Jersey.
Kotler, Philip and Gary Armstrong.(2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran ed-12th. Jakarta: Erlangga.
Nadiri, Halil and Kashif Hussain.(2005). International Journal of Contemporary Hospitality Management
Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ratnasari, Ririn Tri.(2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sulastiyono, Agus.(2004). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy.(2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy.(2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Walker, John R.(2013). Introduction to Hospitality ed-9th. One Lake Street,Upper Saddle River, NJ 07458: Pearson Education, Inc.
Zeithaml, Valeria A. And Mary Jo Bitner. (2001). Service Markerting, McGraw Hill International Edition, New York.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.