PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DI ARTOTEL SURABAYA

  • M. Fajar Maulana Jurusan Peminatan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 141 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 140 times
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Artotel Surabaya

Abstract

Indonesia dikenal sebagai Negara kepulauan, oleh sebab itu sektor pariwisata lah yang paling berkembang sehingga menciptakan peluang bagus bagi bisnis perhotelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap customer satisfaction Artotel Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi adalah pelanggan yang pernah menginap dan melakukan transaksi di Artotel Surabaya. Karakteristik populasi adalah pria atau wanita, minimal pendidikan terakhir SMA, pernah menginap dan melakukan transaksi dengan Artotel Surabaya dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale yang menggunakan lima tingkatan pilihan jawaban yang sudah tersedia disetiap pernyataan yang terdapat pada kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa service quality Artotel Surabaya mempunyai pengaruh terhadap customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carolina, Claudia and Helena Rosandy.(2013). Faktor Yang Mendorong Keputusan Memilih Artotel Butik Hotel Surabaya.

Daryanto.(2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kotler, Philip.(2000). Marketing Management. The Millenium Edition. Prentice Hall International Inc.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong.(2001). Principles of Marketing ed-9th, Prentice Hall International Inc., Englewoood Cliffs, New Jersey.

Kotler, Philip and Gary Armstrong.(2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran ed-12th. Jakarta: Erlangga.

Nadiri, Halil and Kashif Hussain.(2005). International Journal of Contemporary Hospitality Management

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratnasari, Ririn Tri.(2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sulastiyono, Agus.(2004). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy.(2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy.(2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Walker, John R.(2013). Introduction to Hospitality ed-9th. One Lake Street,Upper Saddle River, NJ 07458: Pearson Education, Inc.

Zeithaml, Valeria A. And Mary Jo Bitner. (2001). Service Markerting, McGraw Hill International Edition, New York.
Published
2014-09-01