PERANCANGAN BODI SEPEDA MOTOR JUPITER MX YANG SESUAI DENGAN KEINGINAN KONSUMEN KELOMPOK UMUR 17 – 23 TAHUN
Abstract
Perkembangan dunia otomotif dari masa ke masa memiliki ciri khas masing-masing, tidak terkecuali sepeda motor yang mengalami perubahan signifikan sejak digunakannya material plastik dalam industri ini. Plastik lebih mudah di bentuk sesuai desain melalui proses moulding. Citra dari sepeda motor kini dapat lebih mudah direkayasa sedemikian rupa menurut trend dan gaya hidup terkini. Masyarakat kelompok umur 17 sampai 23 tahun adalah kelompok masyarakat yang selalu menuntut perubahan dan selalu antusias dalam mengikuti trend dan gaya hidup terkini. Maka dari itu, sepeda motor kini telah menjadi salah satu cerminan jati diri pengendaranya. Tuntutan tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para produsen sepeda motor untuk mendesain sepeda motor yang dapat diterima oleh pangsa pasar potensial. Khususnya pada penelitian ini yang membahas sepeda motor Jupiter MX dari pabrikan Yamaha. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan oleh penulis guna mendapatkan data mengenai tuntutan pasar terhadap sepeda motor terbaru. Hasil akhir penelitian ini adalah terciptanya sebuah desain bodi sepeda motor Jupiter MX yang dapat diterima oleh pasar khususnya konsumen kelompok umur 17 sampai 23 tahun. Media promosi yang digunakan dalam manajemen produk antara lain : iklan media cetak secara umum melalui koran Jawa Pos dan web, secara khusus melalui Otoplus, Ototrend, Motorplus, Racing style, Motorev, R2, Otomotif, dan Otomodify, brosur, test drive, x-banner, dan pameran.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.