PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC CONSUMPTION TENDENCY, DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP FASHION-ORIENTED IMPULSE BUYING KALANGAN REMAJA DI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hubungan kausal (sebab-akibat) pengaruh fashion involvement terhadap hedonic consumption tendency kalangan remaja di Surabaya, melalui penelitian ini dapat dianalisis pula pengaruh fashion involvement dan hedonic consumption tendency terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, dan tujuan lebih lanjut dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fashion involvement, positive emotion, dan hedonic consumption tendency terhadap impulse buying dalam konteks belanja pada produk pakaian yang dilakukan oleh para remaja di Surabaya. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 orang responden dengan karakteristik responden yang pernah melakukan pembelian impulsif minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir pada kategori produk pakaian, responden yang suka memakai pakaian yang sedang trend saat ini, responden yang pernah berbelanja pakaian di butik atau toko khusus fashion, responden yang pernah melakukan pembelian atas dasar kesenangan, responden berdomisili di Surabaya, responden berusia 18 sampai 24 tahun, dan responden minimal berpendidikan terakhir SMA. Penelitian ini dilakukan melalui pengambilan sample dengan metode non probability sampling dengan teknik convience sampling dan menggunakan skala pengukuran skala likert 7 point. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.70. Untuk membuktikan hipotesis kerja yang diduga berpengaruh antara variabel fashion involvement, positive emotion, hedonic consumotion tendency, dan fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya maka uji yang digunakan adalah uji t dimana hipotesis dapat diterima apabila nilai t ≥ 1,96. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa fashion involvement berpengaruh positif terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, fashion involvement berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya, fashion involvement berpengaruh positif terhadap hedonic consumption tendency kalangan remaja di Surabaya, hedonic consumption tendency berpengaruh positif terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, hedonic consumption tendency berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya, dan positive emotion berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying.
Downloads
References
Astuti, R. D., dan Fillipa, M. 2008. Perbedaan pembelian secara impulsif berdasarkan tingkat kecenderungan, kategori rpoduk dan pertimbangan pembelian, Jurnal Ichsan Gorontalo Volume 3 No.1
Baumgarner, S. R. 2010. Positive Psychology. United Stated:Pearson Education,inc
Bayley, G. And Nancarrow, C. 1998. Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenomenon, Qualitative Market Research: An International Journal Vol.1 No.2, pp. 99-114.
Bentler, P. M. & Bonet, D. G. 1980. Significance test adn goodness of fit in the analysis of covariance structures. Psychological Bulletin, 88, 588-606.
Beatty, S. E., and Ferrell, M. E. 1998. Impulse buying : modeling its precusors, Journal of Retailing Vol.74 No. 2. Pp. 169-191.
Deswita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya. Diakses secara online http://belajarpsikologi.com/pengertian-remaja/ diunduh pada tanggal 18 Mei 2014
Doll, W. J., Xia, W. Dan G. Torkzadeh. 1994. Confirmatory Factor Analysis of The End User Computing Satisfaction Instrument, MIS Query, Desember, 456-461.
Hair, J. F. Jr., Anderson, R. E., Tatham, R. I., and Black, W. C. 1998. Multivariat Data Analysis, USA: Prentice Hall Inc.
Hausman, A. 2000. A multi-method investigation of consumer motivations in impulse buying behavior. Journal of Consumer Marketing Vol. 17 No. 5, pp 403-19
Hernawan, (2012). 10 Karakter Unik Konsumen Indonesia. Diambil secara online pada http://www.marketing.co.id/10-karakter-unik-konsumen-indonesia/, tanggal 18 Mei 2014
Japariyanto, E. Dan Sugiyono Sugiarto. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income di Surabaya. Jurnal Menejemen Pemasaran vol 6 no1, p.32-41
Mowen, J. C & Minor, M. 2003, Perilaku Konsumen. Edisi Kelima Jilid 2. (terjemahan), Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mowen, J. C., & Minor, M. 2001. Consumer Behavior. Harcourt College Publisher.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.