PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION KANTOR POS SIMPANG JALAN TAMAN APSARI NO.1 DI SURABAYA

  • Avedo Satya Mandiri Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 201 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 185 times
Keywords: Service Convenience, Customer Satisfaction, Persepsi

Abstract

Jasa pengiriman lokal yang terdapat di Indonesia ada tiga antara lain PT Pos Indonesia, TIKI dan JNE. Dari ketiga perusahaan tersebut PT Pos Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan BUMN. Salah satunya adalah Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1 yang terdapat pada kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service convenience terhadap customer satisfaction Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1, Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi adalah pelanggan yang pernah menggunakan layanan di Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1, Surabaya sebanyak dua kali dalam enam bulan terakhir. Karakteristik populasi adalah responden pria atau wanita, minimal pendidikan SMA, bertempat tinggal di Surabaya, pernah mengunjungi dan menggunakan layanan Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1 di Surabaya, pernah memiliki masalah atau pertanyaan terhadap layanan yang diberikan oleh Kantor Pos Simpang. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale yang menggunakan lima tingkatan pilihan jawaban yang sudah tersedia disetiap pernyataan yang terdapat pada kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa service convenience Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1, Surabaya mempunyai pengaruh terhadap customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Muhtosim.(2006). Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayu Media.

Berry Leonard. L, Kathleen Seiders & Dhruv Grewal.(2002). Understanding Service Convenience, Journal of Marketing Vol.66.

Kathleen Seiders, Glenn B. Voss, Andrea L. Godfrey, Dhruv Grewal.(2007). SERVCON:Development and Validation of a Multidimensional Service Convenience Scale. Journal of the academy of Marketing Science.

Kotler, Philip, Gary Armstrong.(2001). Principles of Marketing, Prentice Hall, Ninth Edition, New Jersey.

etta D, Heri S, Ade W, Agus D, Aria W, Indra H, Ira L.(2012). Lompatan Satu Dekade, Katadata, Jakarta.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratnasari, Ririn Tri.(2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Scott R. Colwell, May Aung, Vinay Kanetkar & Alison L. Holden.(2008). Toward a measure of service convenience: multiple-item scale development and empirical test. Journal of Marketing.

Tjiptono, Fandy.(2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

William, Winardi, 2010, Aplikasi Metode Poka Yoke pada proses layanan paket pos express di PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan 60400, Universitas Surabaya.
Published
2014-09-01