PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN BEHAVIORAL INTENTION PADA INDUSTRI PENERBANGAN LOW COST CARRIERS RUTE DOMESTIK DI SURABAYA
Abstract
Jumlah penduduk di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan minat bepergian masyarakat. Banyaknya masyarakat yang belum menggunakan pesawat sebagai alat transportasi menjadikan penerbangan sebagai bisnis yang potensial. Data Badan Pusat Statistik yang menunjukkan jumlah penerbangan dalam negeri di Indonesia terus mengalami peningkatan, dimana peningkatan penerbangan di Indonesia sebagian besar di dorong oleh low cost carriers(LCC). Beberapa penemu menemukan bahwa layanan yang berkualitas akan mendorong kepuasan pelanggan, dimana kepuasan pelanggan akan mendorong behavioral intention (wordofmouth, repurchase intention, dan feedback). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh service quality terhadap customer satisfaction dan behavioral intention pada pelanggan low cost carriers airlines Indonesia di Surabaya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 170 responden low cost carriers di Surabaya yang pernah terbang dengan rute domestic dalam 6 bulan terakhir. Dalam penelitian ini data di olah menggunakan software SPSS dan metode pengolahan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan 5 dari total 7 hipotesis diterima. Hipotesis yang ditolak adalah adanya pengaruh positif ground staff terhadap customer satisfaction serta adanya pengaruh negative customer satisfaction terhadap feedback. Hubungan antara ground staff terhadap customer satisfaction tidak terbukti karena variable tidak berpengaruh signifikan. Dalam penelitian ditemukan adanya hubungan yang positif antara customer satisfaction terhadap feedback.
Downloads
References
Chandra, Meilyawati,2011,“Pengaruh Brand Community Identification terhadap Behavioral Intentions Melalui Normative Community Pressure dan Community Engagement pada Komunitas Blackberry di Surabaya”,Skripsi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya, Dimensi: xv,139,30.
Ferdinand, Augusty, 2006, StructuralEquation Modelling dalam Penelitian Manajemen, edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Ha, Jooyeon, Jang, Soo Cheong (Shawn)(2012) The effect sofdining atmospheric son behavioral intentions through quality perception, Journal of Services Marketing,Vol.26Iss:3,pp.204–215.
Hair,Joseph,F.,Black,etal,2006,Multivariate Data Analysis, 6thedition. Internationale dition, Upper Saddle River: Prentice HallInc, New Jersey.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.