PENGARUH ANTESEDEN SIKAP TERHADAP MINAT KASKUSER DI SURABAYA UNTUK BERBELANJA SECARA ONLINE DENGAN MODERASI REPUTASI THREAD STARTER

  • William Widjaja Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 81 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 89 times
Keywords: Kaskus, Persepsi Kegunaan, Kepercayaan, Sikap, Minat, Online, Reputasi

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi model penelitian yang diajukan pada penelitian Hsu, Lin & Chiang. (2012). Pada satu dekade terakhir perkembangan jumlah pengguna situs Kaskus atau biasa disebut Kaskuser meningkat dengan signifikan, hal ini meningkatkan jumlah thread yang tersedia pada situs Kaskus. Thread merupakan tulisan dari thread starter yang dapat digunakan oleh Kaskuser sebagai acuan dalam pembuatan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari persepsi kegunaan dari rekomendasi thread starter, kepercayaan dan sikap terhadap minat Kaskuser terhadap perbelanjaan secara online, serta peran moderasi reputasi thread starter. Survai yang dilakukan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling melalui pendekatan snowball sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software Lisrel 8.70.  Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 210. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kepercayaan terhadap persepsi kegunaan dan sikap, persepsi kegunaan terhadap sikap, sikap terhadap minat Kaskuser untuk berbelanja secara online, dan moderasi sebagian dari reputasi thread starter. Pengaruh persepsi kegunaan terhadap minat, dan kepercayaan terhadap sikap Kaskuser dalam perbelanjaan secara online dinyatakan tidak terdukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagozzi, R. P. & Yi, Y., 1988, On the Evaluation of Structural Equation Models, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 16 No. 1:74-94.

Davis, F.D., 1989, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology, MIS Quarterly, Vol. 13 No. 3: 319-339.

Erikson, E., H., 1959, Identity and the Life Cycle, New York: International University Press.

Ferdinand, A., 2002, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.

Fishbein, M. & A., Icek, 1975, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Gefen, D., Karahanna, E. & Straub, D.W., 2003, Inexperience and Experience With Online Stores: The Importance of TAM and trust, IEEE Transactions on Engineering Management, Vol. 50 No. 3:307-321.

Herbig, P. & Milewicz, J. 1993, The Relationship of Reputation and Credibility to Brand Success, Journal of Consumer Marketing,Vol. 10 no. 1:5-10.

Howard, J.A., 1994, Buyer Behavior in Marketing Strategy 2nd edition, New Jersey: Prentice Hall.

Hsu, C.L., Lin, J. C.C. & C., H. S., 2012, The Effects of Blogger Recommendations on Customers’ Online Shopping, Intentions, Internet Research, Vol 23 No. 1:69-88.

Hsiao, K.L., Lin, J.C.-C., Wang, X.Y., Lu, H.P. & Yu, H., 2010, Antecedents and Consequences of Trust in Online Product Recommendations: an Empirical Study in Social Shopping, Online Information Review, Vol. 34 No. 6:935-53.

Jarvenpaa, S.L., Tractinsky, N. & Vitale, M., 2000, Consumer Trust in an Internet Store, Information Technology and Management, Vol. 1 No. 1-2:45-72.

Kim, Y.J., Chun, J.U. & Song, J., 2009, Investigation the Role of Attitude in Technology Acceptance Form an Attitude Strength Perspective, International Journal of Information Management, Vol. 29 No. 1: 67-77.

Kotler, P. & Armstrong, G, 2012, Principles of Marketing 14th edition, New Jersey: Pearson Education Inc.

Koufaris, M. & Hampton-Sosa, W., 2003, The Development of Initial Trust in an Online Company by New Customers, Information & Management, Vol. 41 No. 3:377-97.
Published
2014-09-01