PENERAPAN CUSTOMER SERVICE DI DEPARTEMEN BARISTA RODO COFFEE SHOP SURABAYA

  • Kevin Kevin Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 177 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 531 times
Keywords: Service, Customer Service, Rodo Coffee Shop Surabaya

Abstract

Laporan ini bertujuan untuk mengamati cara penerapan Customer Service di Departemen Barista Rodo Coffee Shop. Customer Service yaitu suatu keadaan dimana konsumen mengetahui apa yang mereka butuhkan dan perusahan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Terdapat 9 aturan pada standart layanan yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai harapan pelanggan. Penyelesaian Customer Service pada Departemen Barista menyangkut penempatan jumlah karyawan sesuai dengan daily activity, Pemberlakuan kepada semua waiters maupun daily workers. Pemberlakuan evaluasi kerja bulanan yang bertujuan untuk mengontrol kinerja para waiters maupun daily worker, dan menjalin kerjasama dengan pihak Perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah kejuruan tinggi. Aktivitas yang dilakukan selama Praktik Kerja Lapangan adalah menjalan aktivitas sebagai hotline service di Departemen Barista  Rodo Coffee Shop sesuai dengan standar layanan yang telah ditentukan. Adapun aktivitas yang sering dilakukan adalah melayani konsumen dengan baik. Setelah semua aktivitas tersebut dilakukan, ditemukan beberapa aktivitas standar layanan yang tidak sesuai dengan penerapan Customer Service. Sehingga menyebabkan beberapa masalah yang terjadi pada aktivitas tersebut yang menyebabkan layanan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan yang berhubungan dengan layanan karyawan yang dilihat dari penerapan customer service. Aktivitas yang dilakukan dikaitan dengan konsep dari Customer Service. Berdasarkan hasil pengamatan dapat dilaporkan bahwa dalam penerapan Customer Service belum dapat diterapkan dengan maksimal. Untuk itu, Departemen Barista Rodo Coffee Shop perlu melakukan perbaikan penerapan rule pada Customer Service untuk meningkatkan kualitas layanan yang diterapkan khususnya untuk Customer Service.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lovelock C., Laurent Wright, 2002, Principle of service Marketing and Management, (2nd ed.), Prentice Hall: New York.

Lovelock, Christopher H., and Lauren K, Wright, 2005, Principles of service Marketing Management. Prentice-Hall, Inc.: New Jersey.

Marcer , Jillian, 2003, May I Help You?: Great Customer Service For Small Business, Griffin Pers: South Australia.
Published
2014-09-01