PENERAPAN CUSTOMER SERVICE DI DEPARTEMEN BARISTA RODO COFFEE SHOP SURABAYA
Abstract
Laporan ini bertujuan untuk mengamati cara penerapan Customer Service di Departemen Barista Rodo Coffee Shop. Customer Service yaitu suatu keadaan dimana konsumen mengetahui apa yang mereka butuhkan dan perusahan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Terdapat 9 aturan pada standart layanan yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai harapan pelanggan. Penyelesaian Customer Service pada Departemen Barista menyangkut penempatan jumlah karyawan sesuai dengan daily activity, Pemberlakuan kepada semua waiters maupun daily workers. Pemberlakuan evaluasi kerja bulanan yang bertujuan untuk mengontrol kinerja para waiters maupun daily worker, dan menjalin kerjasama dengan pihak Perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah kejuruan tinggi. Aktivitas yang dilakukan selama Praktik Kerja Lapangan adalah menjalan aktivitas sebagai hotline service di Departemen Barista Rodo Coffee Shop sesuai dengan standar layanan yang telah ditentukan. Adapun aktivitas yang sering dilakukan adalah melayani konsumen dengan baik. Setelah semua aktivitas tersebut dilakukan, ditemukan beberapa aktivitas standar layanan yang tidak sesuai dengan penerapan Customer Service. Sehingga menyebabkan beberapa masalah yang terjadi pada aktivitas tersebut yang menyebabkan layanan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan yang berhubungan dengan layanan karyawan yang dilihat dari penerapan customer service. Aktivitas yang dilakukan dikaitan dengan konsep dari Customer Service. Berdasarkan hasil pengamatan dapat dilaporkan bahwa dalam penerapan Customer Service belum dapat diterapkan dengan maksimal. Untuk itu, Departemen Barista Rodo Coffee Shop perlu melakukan perbaikan penerapan rule pada Customer Service untuk meningkatkan kualitas layanan yang diterapkan khususnya untuk Customer Service.
Downloads
References
Lovelock, Christopher H., and Lauren K, Wright, 2005, Principles of service Marketing Management. Prentice-Hall, Inc.: New Jersey.
Marcer , Jillian, 2003, May I Help You?: Great Customer Service For Small Business, Griffin Pers: South Australia.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.