PEMBUATAN APLIKASI RESEP MASAKAN BERBASIS ANDROID

  • Eric Agung Wibowo Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 965 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2227 times
Keywords: Resep, Makanan, Android, Internet, Smartphone, Daftar Belanja

Abstract

Kuliner saat ini tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan primer saja, melainkan dunia kuliner saat ini telah menjelma menjadi gaya hidup masyarakat. Hadirnya media internet sebagai perantara informasi dunia kuliner berdampak pada kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal dunia memasak termasuk berbagai macam resep masakan. Berkat perkembangan teknologi seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang menggunakan smartphone sebagai media informasi sehari-hari. Banjir ponsel pintar (smartphone) dan tablet sudah mulai terasa khususnya di Indonesia. Derasnya permintaan pasar terhadap telepon cerdas ini, khususnya yang menggunakan sistem operasi Android membuat para produsen semakin giat untuk berinovasi dan menggempur pasar ponsel Indonesia dengan berbagai produk. Aplikasi-aplikasi yang dikembangkan pada sistem operasi Android dan dimasukan ke dalam perangkat Android oleh setiap vendor maupun aplikasi yang tersedia secara global di Android Market yang menyediakan berbagai jenis kategori termasuk salah satunya dari segi kuliner yaitu aplikasi resep masakan. Pada awalnya resep-resep banyak disusun menjadi sebuah buku resep. Namun, seiring perkembangan teknologi mengingat betapa masyarakat menginginkan kemudahan untuk mendapatkan berbagai macam informasi dimana dalam hal ini yaitu info dunia memasak, maka dibuatlah suatu aplikasi smartphone berbasis Android. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam fitur termasuk fitur daftar belanja yang memudahkan pengguna aplikasi untuk mengatur daftar pembelanjaan bahan makanan dalam pembuatan resep masakan yang tersedia.   Dari hasil uji coba yang dilakukan, aplikasi ini dapat membantu pengguna aplikasi untuk mengoleksi resep masakan favorit dan mengatur daftar pembelanjaan bahan makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Google Inc, 2011. Android Developers. Available at: http://developer.android.com/ , diunduh pada 20 Maret 2014.

Google Inc, 2011. Google Play. Available at: https://play.google.com/store, diunduh pada 20 Maret 2014.

Google Inc, 2011. Activity Lifecycle Components. Available at: http://developer.Android.com/reference/Android/app/Activity.html, diunduh pada 20 Maret 2014.

Google Inc, 2011. android.database.sqlite. Available at: http://developer.android.com/reference/android/database/sqlite/package-summary.html, diunduh pada 21 Maret 2014.

Google Inc, 200-.What kind of open-source project is Android?. Available at: http://source.Android.com/faqs.html#what-kind-of-open-source-project-is-Android, diunduh pada 2 April 2014.

Sokolov, Raymond. Review: The Cambridge World History of Food Natural History, diunduh pada 2 April 2014.

Komputer, Wahana, 2013. Android Programming with Eclipse. Penerbit ANDI.

H, Safaat., Nazruddin., 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: INFORMATIKA.
Published
2014-09-01