PEMBUATAN GAME DEVOST DIGITAL CARD BATTLE
Abstract
Card battle merupakan sebuah pertandingan yang menggunakan kartu sebagai alat utamanya, dimana permainan dilakukan oleh 2 atau lebih pemain. Pada keadaan yang nyata (real), pemain yang ingin bermain game card battle akan memiliki keterbatasan tempat dan waktu dalam menentukan lawan mainnya, selain itu pemain dapat merasa bosan dengan lawan yang sama secara terus-menerus, dikarenakan pemain hanya bermain di kalangan disekitar pemain. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menghubungkan pemain tanpa terbatas oleh tempat dan waktu, sehingga pemain dapat dengan mudah memperoleh lawan main serta mendapat relasi dengan banyak pemain. Melalui tugas akhir ini, dibuatlah sebuah program game yang berbasis web dimana bertujuan untuk membantu pemain dalam mencari lawan bertanding. Pembuatan game ini telah melalui proses analisis terhadap beberapa game card battle. Hasil analisis berupa kelebihan dari game tersebut menjadi landasan penulis dalam kebutuhan pembuatan game ini. Aplikasi ini memberikan beberapa fasilitas, seperti: pesan dan forum yang dapat digunakan pemain untuk meningkatkan relasi antar pemain, sehingga pemain dapat saling bertukar informasi mengenai game ataupun berbagai keperluan lainnya. Fasilitas tutorial yang juga tersedia bagi pemain yang belum mengetahui cara bermain dalam game ini.
Downloads
References
J. Von Neumann and O. Morgenstern, Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953).
Kartono, 1994. Teori Permainan. Yogyakarta: Andi Offset.
Minister Ndru, 2008. Pengertian Multimedia (Updated 21 Februari 2008)
Available at : http://blank91.wordpress.com/2008/02/21/pengertian-multimedia/ [Accessed 10 Juni 2014]
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.