EVALUASI TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN UMUM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KELUHAN MASYARAKAT DI KANTOR DPRD PROPINSI JAWA TIMUR
Abstract
Kinerja instansi pemerintahan adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian sasaran ataupun tujuan instansi pemerintahan sebagai penjabaran dari visi dan misi yang mengindikasikan tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan program dan kebijakan yang ditetapkan.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi standar pengukuran kinerja karyawan bagian umum untuk meningkatkan kualitas layanan keluhan masyarakat di Kantor DPRD Propinsi Jawa Timur. Manfaat dari penelitian ini bersifat applied research untuk memberikan rekomendasi mengenai kelemahan yang ada. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penerapan dengan standar yang telah ditetapkan, hal ini menyebabkan kinerja penyedia layanan dan kualitas layanan mengalami penurunan. Terdapat permasalahan dan kelemahan yang muncul dari proses implementasi standar pengukuran kinerja terhadap kualitas layanan yang diberikan. Rekomendasi atas penelitian ini menjelaskan bahwa standar yang menjadi ukuran-ukuran dalam organisasi harus diperbarui pada saat evaluasi rapat tinjauan manajemen agar permasalahan yang muncul dalam penerapan sistem manajemen mutu dapat berjalan teratasi dan menghasilkan kualitas layanan yang baik.
Downloads
References
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan konsep pelayanan publik serta implementasinya. Bandung:Mandar Maju.
James, B. Whittaker, 2003, Government Performance and Result Act, A Mandate for strategic planning and Performance Measuremet, Edisi Revisi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Jurnas, 2013, Laporan Masyarakat Terkait Pelayanan Publik. Diakses pada: http://www.jurnas.com/2013/laporan-pengaduan-masyarakat.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/09/M.PAN/5/2007 tentang pedoman penilaian kinerja unit pelayanan publik.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/38/M.PAN/1/2012 tentang pedoman penilaian kinerja unit pelayanan publik.
Kominfo Prop. Jatim, 2010, Laporan Ombudsman Triwulan IV. Diakses pada: http://www.kominfo.jatimprov.go.id/2010/laporan-triwulanIV-ombudsman.
Larry, 2003, Performance Measurarement Guide, Edisi Revisi, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Mahsun, Mohamad, 2009. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.
Mardiasno, 2002. Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi, Yogyakarta.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.