HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK BERDASARKAN TMT

  • Catriyona Endrianto Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 3229 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3031 times
Keywords: prokrastinasi, self control, temporal motivation theory

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah suatu perilaku menunda-nunda dalam memulai maupun menyelesaikan pengerjaan tugas karena lebih memilih melakukan hal-hal lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh individu saat itu (Solomon dan Rothblum, 1984). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat korelasi antara self control dan prokrastinasi akademik. Selain itu, juga untuk menguji Temporal Motivation Theory (TMT) dengan menghubungkan self control dan prokrastinasi akademik. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA angakatan 2012 sebanyak 166 orang. Data diperoleh dengan menggunakan beberapa skala, yaitu Aitken Procrastination Inventory (API), Brief Self Control Scale (BSCS), dan Steel Procrastination Scale (SPS). Pada penelitian ini ditemukan adanya korelasi negatif antara self control dan prokrastinasi akademik (r = -0,465, p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik bukan dijembatani oleh aspek expectancy, value, dan impulsivity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 1-7.

Aitken, M. E. (1982). A personality profile of the college student procrastinator (Unpublished dissertation). University of Pittsburgh.

Ellis, A., & Knaus, W. J. (1977). Overcoming procrastination or how to think and act rationally in spite of life’s inevitable hassles. New York: A Signet Book.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York : Plenum Press.

Ghufron, M. N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadapan penerapan disiplin orangtua dengan prokrastinasi akademik. (Tesis tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.


Jiao, Q. J., Voseles, D. A. D., Collins, K. M. T., & Onwuegbuzie, A. J. (2011). Academic procrastination and the performance of graduate-level cooperative groups in research methods courses. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 11(1), 119-138.

Liu, K. (2010). The relationship between academic procrastination and academic achievement in Chinese university students (Unpublished thesis). New York State University.

Muhid, A. (2009). Hubungan self-control dan self-efficacy dengan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1), 578.

Neuman, W. L. (1997). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (3rd ed). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Pratama, A., Endrianto, C., & Wijaya, F. (2012). Hubungan self control dan prokrastinasi akademik (Makalah metode riset kuantitatif tidak diterbitkan). Universitas Surabaya.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Steel, P. D. G. (2002). The measurement and nature of procrastination (Tesis tidak diterbitkan). The University of Minnesota.

Steel, P. & König, C. J. (2006). Integrating theories of motivation. Academy of Manajement Review, 31(4), 889-913.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.
Published
2014-03-01