STUDI DESKRIPTIF PERILAKU BULLYING PADA REMAJA
Abstract
Pada saat ini lingkungan pendidikan telah banyak terjadi berbagai perilaku dan aksi kekerasan yang mengkhawatirkan. Salah satu aksi kekerasan yang paling sering terjadi adalah perilaku bullying. Dari data National Mental Health and Education Center tahun 2004 di Amerika diperoleh data bahwa bullying merupakan bentuk kekerasan yang umumnya terjadi dalam lingkungan sosial di mana 15% dan 30% siswa adalah pelaku bullying dan korban bullying. Prevalensi perilaku bullying yang meningkat dari tahun ke tahun telah menimbulkan kerusakan atau dampak yang merugikan baik itu untuk pelaku, maupun korban. Subjek penelitian berjumlah 188 siswa SMP A, SMP B, dan SMP C yang berada di wilayah Surabaya Timur dengan karakteristik berusia 12-17 tahun. Data diperoleh dari menyebarkan angket yaitu berupa angket tertutup dan angket terbuka. Data yang diperoleh dideskripsikan melalui distribusi frekuensi dan analisis butir. Hasil penelitian menunjukkan kurang dari 50% subjek penelitian yang sering dan selalu melakukan bullying, namun seluruh subjek penelitian pernah terlibat dalam perilaku bullying. Bentuk perilaku bullying verbal yang paling sering dilakukan. Faktor keluarga, teman sebaya, dan sekolah membentuk perilaku bullying pada remaja. Meskipun dalam persentase yang kecil bullying juga berdampak terhadap kecenderungan depresi pada remaja, di mana depresi tersebut berakibat adanya pikiran untuk melakukan bunuh diri dan melukai diri.
Downloads
References
Ahira, Anne. (2008). Pengertian bullying: bullying dan pengaruhnya bagi jiwa remaja. Diunduh dari www.anneahira.com 30 September 2012
Baldry, A. C. (2003). Bullying in school and exposure to domestic violence: child abuse negl., 27: 713-732
Beck, A. T. (1985). Depression : causes and treatmen. Philadeldhia : University of Pennsylvania Press.
Berk, L. E. (2000). Child Development (5th Ed). Massachusetts: Pearson Education Company.
Bosworth, K., Espelage, D. L. & Simon, T. R. (1999). Factor Associated with Bullying Behavior in Middle Scholl Students. Journal of Early Adolescence, Vol. 19, No. 3, p. 341-362.
Crawford, N. (2002). New ways to stop bullying: Psychologists are driving efforts to get efective, research-based bullying-prevention and intervention programs into schools. Monitor on Psychology, Vol. 33, No. 9, p.64.
Haynie, D. L., Nansel, T., Eitel, P., Crump, A. D., Saylor, K., Yu, K. & Simons-Morton, B. (2001). Bullies, Victims, and Bully/Victims: Distinct Groups of At-Risk Youth. Journal of Early Adolescence, Vol. 21, No.1, p. 29-49.
Hjemdal, O., Aune, T., Reinfjell, T., Stiles, T. C. & Friborg, O. (2007). Resilience as a Predictor of Depressive Symptoms: A Correlational Study with Young Adolescents. Clinical Child Psychology and Psychiatry, Vol. 12, No. 1, p. 91-104.
Hurlock, E. B. (1973). Adolescent Development (4th Ed). Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha Ltd.
Hurlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan anak. Edisi 6. Alih Bahasa: dr. Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Lima. (terjemahan). Jakarta: Erlangga
Kaltiala-Heino, R., Rimpela, M., Marttunen, M., Rimpela, A. & Rantanen, P. (1999). Bullying, depression, and suicidal ideation in finnish adolescents: school survey. BMJ, Vol. 319, No. 7206, p. 348-351.
Kaplan, H. I., & Sadock, B. J. (1988). Comprehensive textbook of psychiatry/ V. Vol I. fifth edition. Maryland, USA. : Williams and Wilkins.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.