STUDI DESKRIPTIF: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDASARI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN BENTOYA DI GALAXY MALL SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendasari keputusan konsumen dalam memilih restoran Bentoya di Galaxy Mall Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Analisis Faktor dengan software SPSS for Windows 18.00. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tujuh faktor yang terbentuk yang mendasari keputusan konsumen dalam memilih restoran Bentoya di Galaxy Mall Surabaya, yaitu faktor lingkungan, faktor sosial, faktor keluarga, faktor psikologis, faktor kelompok acuan, faktor personal, dan faktor kebudayaan. Faktor lingkungan merupakan faktor dominan yang mendasari keputusan konsumen dalam memilih restoran Bentoya di Galaxy Mall Surabaya karena memiliki nilai varians terbesar.
Downloads
References
Hilmi, 2010, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Restoran Paparon Pizza di Kota Lhokseumawe, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.9 No.2.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2006, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jakarta, Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevil Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jakarta, Penerbit Erlangga.
Lovelock, C., Writz J., Keeh H.T., dan Lu X., 2005, Service Marketing In Asia, Second Edition, Prentice Hall.
Murwani, Endah, 2012, Eating Out Makanan Khas Daerah: Komoditas Gaya Hidup Masyarakat Urban, Working Paper, Universitas Multimedia Nusantara.
Nugroho, Bhuono Agung, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta, Penerbit Andi.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.