STUDI DESKRIPTIF KUALITAS LAYANAN DI MABRURO TOUR TRAVEL SIDOARJO
Abstract
Mabruro Tour & Travel merupakan agen perjalanan umroh dan haji dengan setiap bulan rata-rata memberangkatkan jamaah ibadah umroh 3 kali ketika awal bulan, pertengahan bulan dan akhir bulan. Namun di sisi lain Mabruro Tour & Travel menghadapi persaingan yang begitu ketat sehingga perlu dilakukan evaluasi mengenai kualitas layanan Mabruro Tour & Travel. Hasil sigi awal terhadap layanan Mabruro Tour & Travel menunjukkan adanya kecenderungan responden menilai baik terhadap kualitas layanan Mabruro Tour & Travel. Berdasarkan pada perumusan masalah penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas layanan di Mabruro Tour & Travel Sidoarjo. Penelitian ini adalah berjenis riset deskriptif karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Dimensi dari Service Quality of Travel Agents meliputi Responsiveness, Reliability, Emphaty, Resource & Corporate Image dan Tangibility. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang memperoleh data mengenai penilaian atas Service Quality Mabruro Tour & Travel. Secara keseluruhan, persepsi responden terhadap Service Quality Mabruro Tour & Travel adalah positif. Tangibility adalah dimensi yang dipersepsikan paling positif karena dengan nilai rata-rata tertinggi diantara dimensi Service Quality lainnya. Sedangkan dimensi Service Quality dengan penilaian terendah adalah Reliability dan Emphaty.
Downloads
References
Lovelock, Christoper H, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa, penerbit PT INDEKS kelompok GRAMEDIA, Jakarta
Mohamed, Ghada Abd-Alla, 2007, Service Quality of Travel Agents: The View Point of Tourists in Egypt, Tourismos:An International Multidiciplinary Journal of Tourism Volume 2, Number 1, Spring 2007, pp.63-87
Soekadijo, R.G, 2000, Anatomi Pariwisata, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Spillane, James J, 1987, Ekonomi Pariwisata, penerbit Kanisius, Yogyakarta
Tjiptono, Fandi, 1995, Strategi Pemasaran, penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Zeithaml, Bitner, 1996, penerbit Mc Graw-Hill companies, inc.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.