STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERENCANAAN KEUANGAN MAHASISWA DI SURABAYA

  • Randi Lukmanto Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 866 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1541 times
Keywords: Perilaku Keuangan, Perencanaan Keuangan, Peminatan Perkuliahaan, Lingkungan Internal dan Eksternal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang perencanaan keuangan mahasiswa di Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan distribusi frekuensi, diagram histogram, dan tabulasi silang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simpel random sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 251 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya persepsi yang berbeda diantara mahasiswa S-1 tentang perencanaan keuangan. Terkait dengan peminatan perkuliahaan memiliki persepsi yang sama, perbedaan agama didalam perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama, kepentingan didalam melakukan perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama, bantuan dan saran di dalam melakukan perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama, dan tekait dengan lingkungan internal dan eksternal di dalam perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Murphy. D.S., 2010, Personal Financial Planing Attitudes: a Preliminary Study of Graduate Students, Management Research Review, Vol 33 No. 8, pp. 811-817

Sabri, M.F., Cook, C.C., Gudmunson, C.G., 2012, Financial Well Being Malaysian College Students, Asian Education and Development Studies, Vol. 1 No. 2, 2012 pp.153-170.

http://www.andipandora.com/2012/02/6-perbedaan-pria-dan-wanita.html (diunduh pada 1 Desember 2013).

http://www.fpsbindonesia.net/ (diunduh pada 20 Mei 2013).

http://proteksikeuangan.blogspot.com/p/perencanaan-keuangan.html (diunduh pada tanggal 1 april 2013).
Published
2014-03-01