STUDI DESKRIPTIF SHOPPING MOTIVATION MASYARAKAT SURABAYA DI PUSAT PERBELANJAAN TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
Abstract
Belanja bukan sebagai beban melainkan sebagai hal yang menyenangkan dan dapat menikmati aktivitas belanja yang dilakukan hal ini dapat mendorong terbentuknya shopping motivation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belanja masyrakat Surabaya pada saat berbelanja di Tunjungan Plaza Surabaya. Menurut Bloch.et.al (1994), konsep Shopping Motivation ini dapat dikelompokkan menjadi tujuh dimensi yaitu Aesthetis, Convenience, Escape, Exploration, Flow, Role Enactment, dan Social. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 130 orang dengan cara pengambilan sampel convenience sampling. Profil responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah dengan menggunakan analisa SPSS. Program SPSS yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics version 18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Social Dimensions lebih dominan dibandingkan dengan dimensi yang lainnya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa mayoritas masyarakat Surabaya yang mengunjungi pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya adalah untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau teman, saling berinteraksi dengan orang lain dan untuk menjalin kebersamaan dengan keluarga atau teman.
Downloads
References
Asnawi, Sahlan. (2007). Teori Motivasi : Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi. Cet : 3. Jakarta : Studia Press
Bedningthon, Nadine. (2000). Design for Shopping. Journal of Service Marketing. Vol.19 No.3.
Kotler, Philip and Garry Armstrong. (2000). Principles of Marketing, Ninth Edition. Upper Saddle River: Prentice Hall Internasional.
Nugroho, Anton Y. (2011). It’s Easy Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Pemerintah kota Surabaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, 2009. DIREKTORI PARIWISATA KOTA SURABAYA, Surabaya : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Pendit, Nyoman S. (1981). Ilmu Pariwisata : Sebuah Pepngantar Perdana. Jakarta : Pradnya Paramita.
Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi.
Ross, Glen F. (2000). Psikologi Pariwisata, Edisi Pertama.Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Schiffman, Leon G, and Leslie Lazar Kanuk. (2007). Consumer Behavior, Nine Edition. Prentice Hall International Edition : New Jersey.
Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta : Kencana.
Siagian, Sondang P. (1989). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Bina Aksara.
Soekadijo, R.G. (1996). Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sytemic Linkage. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.
Spillane, James J. (1987). Pariwisata Indonesia : Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta : Kanisius.
Tiwari, Rupesh Kumar dan Abraham, Raipur India Anish. (2010). Understanding The Consumer Behavior Towards Shopping Malls In Raipur City. International Journal of Management & Strategy, Vol.1, No.1.
Yoeti, Oka. A. (1985). Pemasaran Pariwisata cetakan kesepuluh. Bandung: Angkasa.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.