STUDI DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN TRADING CARD GAME DI SURABAYA
Abstract
Permainan dewasa ini semakin berkembang dengan adanya jenis-jenis permainan yang semakin beragam, salah satunya adalah permainan kartu yang disebut Trading Card Game. Permainan ini dimainkan oleh berbagai kalangan baik dari segi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan anggaran yang disediakan. Hal ini memungkinkan timbulnya keberagaman perilaku konsumen Trading Card Game di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumen Trading Card Game di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode Tabulasi Silang, yang dibagi berdasarkan jenis Trading Card Game dan identitas responden. Objek penelitian ini adalah konsumen Trading Card Game di Surabaya dengan lingkup bahasan meliputi apa yang hendak mereka beli, siapa yang membeli, mengapa mereka membeli, bagaimana mereka tahu, dimana mereka membeli, siapa yang mempengaruhi mereka, kapan mereka membeli, seberapa sering mereka membeli, seberapa sering mereka memakai, dan bagaimana mereka mengevaluasinya.Hasil penelitian menunjukkan adanya keberagaman perilaku konsumen Trading Card Game di Surabaya. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pihak developer untuk dapat lebih memuaskan konsumen Trading Card Game baik secara langsung maupun tidak langsung yang terkait pada seluruh elemen perilaku konsumen yang diteliti hingga pada tahap puas atau tidak.
Downloads
References
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Principles of Marketing, Pearson Education, New Jersey
Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, dan Carl Mc Daniel, 2011, Pemasaran, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta
Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, Seventh Edition, Prentice Hall International Edition, Englewood Cliff, New Jersey
www.toycityonline.com diunduh pada hari Sabtu, 28 September 2013
www.hobbyindo.com, diunduh pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2013
www.starcitygame.com, diunduh pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2013
www.hobbyindo.com, diunduh pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2013
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.