STUDI DESKRIPTIF PERILAKU WISATAWAN DALAM BEERWISATA KULINER DI SURABAYA

  • Tiara Paskanita Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 265 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 672 times
Keywords: Wisata kuliner, Studi Deskriptif, Perilaku wisatawan

Abstract

Kota Surabaya memiliki potensi wisata yang cukup bagus di berbagai bidang termasuk kuliner. Berdasarkan data, Jawa Timur yang termasuk didalamnya adalah kota Surabaya menduduki peringkat ke 2 setelah DKI Jakarta dalam Perkembangan Usaha Makanan/Restoran Skala Menengah dan Besar. Hal ini menunjukkan bahwa wisata kuliner di Surabaya pada saat ini semakin berkembang dan dicari oleh wisatawan dari berbagai daerah. Berdasarkan sigi awal diketahui adanya kecenderungan perbedaan perilaku wisatawan saat berwisata kuliner di Surabaya, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku wisatawan dalam berwisata kuliner di Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling. Jumlah sampel sebanyak 150 wisatawan. Metode pengolahan data yaitu analisis deskriptif, distribusi frekuensi, dan tabulasi silang. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku wisatawan saat berwisata kuliner di Surabaya adalah beragam. Mayoritas wisatawan yang berwisata kuliner di Surabaya menyukai menu mie pangsit, serta menu ayam dan bebek goreng sebagai menu yang paling sering dipilih, dengan menu yang beraneka ragam sebagai alasan. Waktu berwisata kuliner terbanyak adalah pada saat akhir pekan. Pihak yang paling mempengaruhi adalah teman. Frekuensi sering wisatawan berwisata kuliner di Surabaya yang terbanyak adalah ≥ 1 kali dalam 1 minggu, dan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi yang digunakan saat berwisata kuliner di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Listiyono, Agus, 2008, Belajar Cita Rasa, Pelita-indonesia, http://aguslistiyono.blogspot.com/2008_01_01_archieve.html

R.G.Soekadijo, Anatomi Pariwisata, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Ketiga, Jakarta, 2000.

Ross, Glen F., Psikologi Pariwisata, Penerbit Yayasan Obor Indonesia, Edisi Pertama, Jakarta, 2000.

Schiffman, LG and LL Kanuk, 2007, Consumer behavior. Ninth edition. USA: Pearson International Edition.

Williams, Christine, and John Buswell, Service Quality in Leisure And Tourism

Yoeti, Oka A (2003), Tours and Travel Marketing, Penerbit PT Pradnya Paramita, Cetakan Pertama, Jakarta, 2003

Eprints.uns.ac.id/7937/1/1/144211308201009261.pdf
Published
2014-03-01